Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Marciano Norman Luncurkan Buku Tentang BIN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 10 Juli 2015, 18:16 WIB
Marciano Norman Luncurkan Buku Tentang BIN
rmol news logo . Kepala Badan Intelejen Negara era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono,  Letjen (Purn) Marciano Norman melauncing buku tentang pemikirannya selama menjabat bo intel.

Dalam buku yang berjudul Intelejen Negara: Mengawal Transformasi Indonesia Menuju Demokrasi yang Terkonsolidasi ini, Marciano menerangkan UU 17 tahun 2011 tentang intelejen negara jangan dijadikan hambatan dalam pekerjaan. Malah, UU tersebut menjadi payung hukum.

"Selama saya menjabat sebagai KaBIN 3 tahun 9 bulan, saya mengawali tugas tepat dengan berlakunya UU 17 tahun 2011. UU ini intelejen tidak lagi bebas sebebasnya. Dengan UU itu BIN bergerak di dalam payung hukum," terangnya dalam peluncuran bukunya, di Balai Kartini, Jumat (10/7).

Masih kata Marciano, dengan UU itu malah menjadi tantangan  tersendiri dalam mengubih kultur di intelejen, untuk memahami UU.

"Saya rasa dengan adanya UU itu kita dapat lakukan tugas secara optimal. Dalam buku ini bagaimana BIN bisa berikan kontribusi secara optimal," jelasnya.

Dalam buku itu juga dijelaskan kepiawaian BIN sehingga tidak melanggar HAM.

Sementara itu, pengamat Intelejen Wawan H Purwanto menambahkan, Marciano memiliki kepiawaian dan kemampuan saat memimpin BIN.

"Beliau memjmpin tidak ada gejolak besar. Riak ada. Dan pemerintahan selamat sampai akhir," pungkas Wawan di tempat yang sama. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA