Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tipis Kemungkinan Letjen Ediwan Prabowo Jadi KSAD

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ade-mulyana-1'>ADE MULYANA</a>
LAPORAN: ADE MULYANA
  • Kamis, 02 Juli 2015, 15:35 WIB
Tipis Kemungkinan Letjen Ediwan Prabowo Jadi KSAD
edwina prabowo/net
rmol news logo Letjen Ediwan Prabowo diprediksi tidak akan dipilih oleh Presiden Joko Widodo menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo.

Pemerhati militer, Nayawan Persada mengatakan meski termasuk satu dari tiga Pati bintang tiga yang ada di TNI AD saat ini, kecil kemungkinan Ediwan Prabowo diangkat menjadi KSAD.

"Selain jabatan bintang tiga Ediwan Prabowo baru sekali promosi, yakni di Sekjen Kemhan, jabatan bintang tiga Ediwan Prabowo saat ini bukanlah jabatan di struktur TNI," ujar pemerhati militer, Nayawan Persada kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (2/7).

Selama ini, kata Nayawan, yang menjadi KSAD berasal dari Pati bintang tiga yang jabatannya masuk di struktur TNI seperti Wakasad, Pangkostrad, Dansesko TNI, dan KaBais TNI. Memang ada yang diluar kebiasaan itu, tapi bintang tiganya sudah senior, sudah dua kali dapat jabatan di bintang tiga. Kasus ini terjadi pada Jenderal Budiman.

Jalan Edwina kemungkinan besar tidak akan mulus karena pertimbangan kekuasaan rezim. Seolah menjadi tradisi, katanya, pada pergantian pemerintah jarang ada Pati yang diusung pemerintah sebelumnya, kemudian bisa diterima oleh pemerintah selanjutnya untuk menduduki posisi strategis di TNI.

"Edwina pernah menjadi Sespri Presiden SBY," tukas Nayawan yang lulusan Ilmu Politik FISIP UI.[dem]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA