Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Resmi, Indonesia-Australia Tandatangani Kode Etik Intelijen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/aldi-gultom-1'>ALDI GULTOM</a>
LAPORAN: ALDI GULTOM
  • Kamis, 28 Agustus 2014, 15:15 WIB
Resmi, Indonesia-Australia Tandatangani Kode Etik Intelijen
ilustrasi/net
rmol news logo Pemerintah Indonesia dan Australia menandatangani Code of Conduct kerangka kerja sama intelijen dan keamanan kedua negara. Salah satu isinya termasuk larangan saling menyadap.

Diberitakan situs sekretariat kabinet, dokumen kode etik itu ditandatangani Menteri Luar Negeri RI, Marty Natalegawa, dan Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyaksikan penandatanganan dokumen tersebut di Ruang Balai Raya, Laguna Hotel and Resort Nusa Dua, Bali (Kamis, 28/8).

Code of Conduct berisi kesepahaman bersama mengenai suatu tata perilaku dalam pelaksanaan perjanjian antara Republik Indonesia dan Australia tentang kerangka kerja sama keamanan.

Isinya, antara lain, pertama, Indonesia dan Australia tidak akan menggunakan setiap intelijen mereka, termasuk kapasitas penyadapan, atau sumber-sumber daya lainnya dengan cara-cara yang dapat merugikan kepentingan dari dua pihak.

Dan, para pihak akan mendorong kerja sama intelijen antara lembaga-lembaga dan badan-badan yang relevan, sesuai dengan hukum dan peraturan internasional masing-masing. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA