Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

SBY-John McCain Bahas Modernisasi Alutsista TNI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/aldi-gultom-1'>ALDI GULTOM</a>
LAPORAN: ALDI GULTOM
  • Selasa, 12 Agustus 2014, 17:31 WIB
SBY-John McCain Bahas Modernisasi Alutsista TNI
rmol news logo . Presiden SBY menjelaskan kepada Senator Amerika Serikat, John McCain, tentang upaya pemerintah meningkatkan postur dan kemampuan tentara, termasuk penambahan dan modernisasi alat utama sistem persenjataan.

Hal itu terjadi saat pertemuan keduanya di Kantor Presiden RI, Jakarta, Selasa siang (12/8), yang berlangsung kurang lebih satu jam.

"Ini penting karena sudah hampir 20  tahun kami tidak memodernisasi sistem persenjataan militer. Kami baru memodernisasi setelah ekonomi kami membaik," kata Presiden SBY, dalam pertemuan yang ditentang banyak kelompok pergerakan itu.

Masih dikutip dari situs resmi sekretariat kabinet, SBY pun menyampaikan terima kasih kepada Kongres AS atas usahanya membahas kerjasama militer dengan Indonesia, termasuk dalam bidang militer.

Dalam pertemuannya itu, Presiden juga mendapat masukan dari McCain mengenai berbagai hal, di antaranya kerjasama militer, situasi terkini di kawasan Laut China Selatan, Afghanistan, Timur Tengah terutama Lybia, Irak, Suriah, dan Palestina.

Sementara SBY mengutarakan bahwa Indonesia akan meningkatkan kerjasama dengan Amerika Serikat dalam bidang pencegahan dan pemberantasan kejahatan antarbangsa, terutama terorisme. Ia juga berharap terus bekerjasama dalam KTT ASEAN, APEC, dan sejumlah forum regional atau dunia lainnya.

Senator dari Partai Republik itu mengunjungi Presiden SBY didampingi Duta Besar AS Robert O Blake. Sementara Presiden SBY dalam kesempatan itu didampingi oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa, Menko Polhukam Djoko Suyanto, dan Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA