Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

UIN Jakarta: Mahasiswa Baru Tandatangani Komitmen Setia pada Pancasila

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 07 Agustus 2014, 19:04 WIB
UIN Jakarta: Mahasiswa Baru Tandatangani Komitmen Setia pada Pancasila
rmol news logo Pengelola Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta berjanji mengontrol lebih ketat asrama yang dihuni mahasiswanya. Selain itu kampus UIN akan bekerjasama dengan kepolisian dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) untuk mengontrol setiap unit kegiatan mahasiswa (UKM).

Pernyataan ini disampaikan menyusul beredarnya video pembaiatan anggota gerakan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang diambil dari salah satu gedung di UIN. Pihak kampus mengakui video itu diambil di wilayahnya.

"Dipantau kalau ada diskusi atau pengajian. Biasanya mahasiswa yang rawan itu awal tahun masuk. Tidak tahu apa-apa dari kampung. Terus yang rawan juga mahasiswa tingkat akhir yang sibuk skripsi dan cari uang. Itu diberi perhatian serius," ujar Pembantu Rektor Bagian Kemahasiswaan Universitas Islam Negeri (UIN), Sudarnoto Abdul Hakim, saat konfrensi pers di kampus UIN, Jakarta, Kamis (7/8).

Dalam bulan Agustus ini bakal ada sekitar lima ribu mahasiswa baru yang diterima. Maka, sambung Sudarnoto, setiap mahasiswa baru akan diminta menandatangani perjanjian hitam di atas putih yang intinya kesediaan berkomitmen setia kepada falsafah dan ideologi bangsa yaitu Pancasila.

"Pokoknya mahasiswa dan UKM (unit kegiatan mahasiswa) bersih dari ideologi selain Pancasila. Kalau ada ideologi tidak jelas atau ada mahasiswa yang tidak mau akui Pancasila, silakan di luar kampus," jelas Sudarnoto. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA