Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapolri: Kami Tahu Apa yang Dilakukan Timses Capres

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 16 Juli 2014, 11:40 WIB
Kapolri: Kami Tahu Apa yang Dilakukan Timses Capres
sutarman/net
rmol news logo Polri terus mengantisipasi berbagai upaya kecurangan yang kemungkinan terjadi dalam proses Pemilihan Presiden 2014. Bahkan, Polri sudah sudah mendeteksi bentuk kecurangan itu.

"Bukan curang tapi apa yang dilakukan oleh mereka (timses) ini kita tahu. Upaya menuju kecurangan itu kan pasti ada makanya kita harus mengantisipasi dan kalau terjadi kecurangan harus dilakukan penindakan, sesuai ketentuan UU Pilpres," terang Kapolri Jenderal Sutarman, usai melantik pejabat teras Polri, di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta, Rabu (16/7).

Sutarman akui kedua kubu saling menuding curang. Maka dari itu pihaknya perlu mengawasi potensi kecurangan mulai penggelembungan suara, perhitungan di TPS, sampai pencoblosan ganda harus diawasi satu persatu. Problemnya, Polri tidak mempunyai data C1, sementara yang harus diawasi 4-5 TPS sekaligus sehingga mempersulit dalam pencatatan.

"Polri tidak punya kewajiban dan kewenangan untuk melakukan perhitungan kertas suara. Kita hanya mengamankan. Suatu saat catatan kami digunakan untuk kepentingan penyidikan dan penegakan hukum atau sengketa Pemilu. Itu jadi petunjuk tujuannya cuma itu," pungkasnya.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA