Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Karhutla di Muara Enim Hanguskan 33 Hektare

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 07 Agustus 2024, 18:25 WIB
Karhutla di Muara Enim Hanguskan 33 Hektare
Petugas dari Manggala Agni sedang melakukan pemadaman di wilayah Sumatera Selatan yang terbakar/Dok Manggala Agni
rmol news logo Kebakaran hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, saat ini telah mencapai 33 hektare yang tersebar di tiga wilayah. Yaitu Kecamatan Sungai Rotan, Muara Belida, dan Gelumbang.

"Yang terparah adalah di Muara Belida. Selain luas lahan yang terbakar juga karena besarnya api dan kedalamannya (lahan gambut)," kata Kalaksa BPBD Kabupaten Muara Enim, Abdurrozieq Putra, dikutip RMOLSumsel, Rabu (7/8).

Abdurrozieq mengungkapkan, saat ini ada 80 personel dari BPBD Kabupaten Muara Enim dan dibantu pihak TNI dan Polri serta Manggala Agni terus berupaya melakukan pemadaman.

Sejauh ini, proses pemadaman tak mengalami kendala karena sumber air masih dapat ditemukan.

"Kalau memang ada lokasi yang tidak bisa dijangkau maka berkoordinasi dengan BPBD Sumsel untuk dilakukan water bombing," paparnya. 

Kabupaten Muara Enim saat ini memiliki tiga posko pemantau karhutla yang berada di Kecamatan Gelumbang dan Sungai Rotan, serta Posko Induk di Kantor BPBD Kabupaten Muara Enim.

"Kalau memang nanti meluas dan statusnya meningkat maka akan ada delapan posko yang siap dibangun dan tersebar di beberapa wilayah," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA