Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Perlu Takut Terbang, Aerophobia Mudah Diatasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 20 Juni 2024, 10:48 WIB
Tak Perlu Takut Terbang, Aerophobia Mudah Diatasi
Diskusi Asosiasi Pengguna Jasa Penerbangan Indonesia terkait aerophobia/RMOL
rmol news logo Aerophobia atau ketakutan berlebihan terhadap penerbangan dapat dialami siapa saja. Tapi kecemasan itu sesungguhnya dapat dikontrol.

Hal itu disampaikan Gones Saptowati dari Ikatan Psikologi Klinis, saat menjadi narasumber forum diskusi Asosiasi Pengguna Jasa Penerbangan Indonesia (Apjapi).

Diskusi bertema "Tantangan Industri Transportasi Udara Indonesia dalam Menanggulangi Unruly Passengers dan Mengatasi Aerophobia" itu digelar di Binakarna Auditorium, Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (20/6).

Menurutnya, salah satu solusi efektif adalah memberikan bekal kepada awak pesawat untuk melakukan intervensi psikologi kepada para penumpang.

"Pertolongan pertama itu akan membantu penumpang. Tidak harus dilakukan profesional kesehatan mental, siapapun bisa mempelajari itu," kata Gones.

Aerophobia bisa menghambat seseorang dalam memperluas hubungan sosial. Namun dengan treatment dan relaksasi yang diberikan bisa membantu individu memahami dan mengelola kecemasan yang menjadi akar dari phobia itu.

"Artinya, aerophobia sangat bisa diatasi," pungkasnya.

Solusi itu diharapkan bisa menggenjot industri penerbangan, agar lebih menggeliat dan meningkatkan keselamatan dan kenyamanan penerbangan.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA