Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diikuti Sejumlah Negara, Gelar Melayu Serumpun Dibuka di Istana Maimun Medan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Kamis, 30 Mei 2024, 22:09 WIB
Diikuti Sejumlah Negara, Gelar Melayu Serumpun Dibuka di Istana Maimun Medan
Pembukaan acara Gelar Melayu Serumpun di Istana Maimun, Medan/Ist
rmol news logo Gelar Melayu Serumpun (Gemes) ke-7, yang diikuti perwakilan dari Malaysia, Thailand, Singapura, dan India resmi dibuka di Halaman Istana Maimun, Kota Medan, Rabu (29/5) malam. Acara yang dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan pj Gubernur Sumut Hassanudin ini diharapkan dapat mempererat hubungan antar negara-negara peserta.

"Kita berharap tidak sekadar hubungan seni dan budaya, namun semakin mempererat  hubungan ekonomi, perdagangan, politik dan pertahanan," kata Pj Gubernur Sumut Hassanudin pada pembukaan Gemes ke-7  di halaman Istana Maiumun, Jalan Brigjend Katamso Nomor 370 Medan, Rabu (29/5) malam.

Menurut Pj Gubernur, kesamaan etnis, baik bahasa, tradisi dan seni, pastinya membentuk sebuah ikatan emosial yang erat, meskipun tinggal di negara yang berbeda-beda. Karena itu, kegiatan Gemes menjadi penting diselenggarakan setiap tahun.

Selain itu, Pj Gubernur juga menyampaikan, selain tujuan wisata serta pelestarian budaya, kegiatan ini juga diharapkan memberikan ruang  munculnya kreativitas dan inovasi baru, baik kreativitas seni budaya, maupun inovasi yang mendorong pertumbuhan ekonomi melalui industri kreatif.

"Kita juga berharap Gelar Melayu Serumpun ini tidak saja memperkenalkan Melayu merupakan etnis asli  Kota Medan kepada generasi muda, namun bagi pelaku industri kreatif bisa dimanfaatkan untuk saling bertukar pengetahuan, bertukar informasi  dan peluang pasar karya industri kreatif di Sumut dengan negara-negara peserta," pungkasnya.rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA