Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anak Buah Heru Diminta Antisipasi Polusi Udara Musim Kemarau

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Jumat, 10 Mei 2024, 05:20 WIB
Anak Buah Heru Diminta Antisipasi Polusi Udara Musim Kemarau
Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Nova Harivan Paloh /Ist
rmol news logo Anak buah Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta diminta menyiapkan upaya antisipasi polusi udara menjelang puncak musim kemarau pada Juni 2024.

Pasalnya, menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jakarta, musim kemarau sudah mulai masuk pada Mei 2024.

“Nah ini sudah harus dilakukan antisipasi untuk wilayah-wilayah mana jangkauan PMnya yang sangat buruk. Apa yang harus mereka lakukan di sana,” kata Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Nova Harivan Paloh dikutip Jumat (10/5).

Menurut dia, pengoptimalan 21 Stasiun Pemantauan Kualitas Udara (SPKU) sangat diperlukan untuk memantau dan mengukur kualitas udara. Sehingga bisa melakukan mitigasi jika udara mulai memburuk.

Selain itu, upaya yang bisa dilakukan Dinas Lingkungan Hidup yakni memulai sosialisasi kepada pabrik yang memiliki cerobong asap agar memasang scrubber atau alat untuk mengontrol emisi gas buang, serta menggalakan uji emisi kendaraan bermotor.

“Nanti bagaimana kita tinjau lagi apakah dari tahun lalu yang sudah dipantau (Uji emisi dan cerobong asap) itu sampai tahun ini masih berpengaruh atau tidak,” kata Nova.

Lebih lanjut, Nova berharap Pemprov DKI bisa meningkatkan pelayanan pada seluruh transportasi umum. Hal ini agar dapat meningkatkan minat warga Jakarta untuk beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum.

“Integrasi masing-masing jalur transportasi apakah sudah memberikan kenyamanan untuk masyarakat? dan trotoarnya juga perlu diperhatikan,” pungkas Nova. rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA