Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

6 Provinsi Sudah Gabungkan Dinas Pariwisata dan Olahraga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Sabtu, 23 Maret 2024, 15:52 WIB
6 Provinsi Sudah Gabungkan Dinas Pariwisata dan Olahraga
MotoGP Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Indonesia/Net
rmol news logo Penggabungan bidang olahraga dan pariwisata menjadi satu kementerian yang belakangan ramai dinilai realistis.

Rumah Karya Indonesia, sebuah komunitas yang concern terhadap pariwisata Sumatera Utara ini berujar, penggabungan bidang pariwisata dan olahraga bukan hal asing di Indonesia.

Beberapa provinsi bahkan sudah ada dinas yang membidangi olahraga dan pariwisata. Beberapa provinsi dimaksud antara lain Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Jawa Tengah, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.

"Dunia pariwisata memiliki beberapa bentuk kegiatan (berkaitan olahraga). Yang paling mempunyai hubungan antara kegiatan dan kehadiran wisatawan salah satunya sport tourism," kata Direktur Rumah Karya Indonesia, Ojax Manalu dalam siaran persnya, Sabtu (23/3).

Dalam beberapa kondisi, penggabungan ke dalam satu lembaga bisa berefek positif dan efisien.

"Penggabungan bidang pariwisata dan olahraga dalam tawaran nomenklatur baru sangat memungkinkan mengingat itu sudah terjadi di tingkat kabupaten," jelasnya.

Tak hanya itu, penggabungan pariwisata dan olahraga juga diyakini akan merangsang pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Apalagi Indonesia telah memiliki beberapa agenda internasional.

"Mulai dari Mandalika (MotoGP), Aquabike, FIH2O, Tour de Singkarak, Borobudur Marathon, World Surf League bisa menjadi bagian yang saling bekerja erat antara pariwisata dan olahraga," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA