Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ramadan Momentum Ponpes Darul Amanah Perdalam Kitab Kuning

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 21 Maret 2024, 15:58 WIB
Ramadan Momentum Ponpes Darul Amanah Perdalam Kitab Kuning
Kegiatan belajar mengajar di Pondok Pesantren Darul Amanah, Kendal, Jawa Tengah selama bulan Ramadan 1445 H/Ist
rmol news logo Pembelajaran ilmu agama di Pondok Pesantren Darul Amanah Kendal, Jawa Tengah semakin diperkuat selama bulan Ramadan 1445 H. Beberapa di antaranya adalah hafalan Al Quran dan Kitab Kuning yang dilakukan setelah Salat Asar, Tarawih, dan kultum di malam hari.

Pimpinan Pondok Pesantren Darul Amanah, Ustaz Fatwa mengatakan, Kitab Kuning selama ini telah menjadi kurikulum ponpes di bawah naungan Nadhlatul Ulama (NU) dan Dzikrul Ghofilin ini.

Ia mengamini, kurikulum Kitab Kuning memang memiliki level kesulitan cukup tinggi. Oleh sebab itu, Ponpes Darul Amanah punya metode tersendiri.

“Pertama, tentunya harus dikuatkan dulu alat membacanya, yakni kemampuan santri dalam berbahasa Arab. Santri harus tau cara menulis, membaca, dan mengartikan bahas Arab," kata Ustaz Fatwa dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/3).

Melalui metode tersebut, ilmu-ilmu dalam Kitab Kuning bisa dihafal dengan lancar oleh para santri. Efek positifnya, ilmu-ilmu yang terkandung dalam Kitab Kuning bisa dipahami lebih dalam oleh santri.

"Kegiatan ramadan lainnya juga tidak kalah penting mendorong santri mendalami agama Islam seperti tadarus wajib, kultum, dan kegiatan belajar mengajar seperti biasa," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA