Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

112 ODGJ di Solo Ikut Coblosan Pemilu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Kamis, 15 Februari 2024, 06:03 WIB
112 ODGJ di Solo Ikut Coblosan Pemilu
TPS di Griya PMI Peduli Kota Surakarta/RMOLJateng
RMOL. Sebanyak 112 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan lanjut usia (lansia) telantar yang menetap di Griya PMI Peduli Surakarta, ikut menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024, Rabu (14/02).


Kepala Bagian Pelayanan Masyarakat PMI Kota Surakarta, Wanto, menjelaskan bahwa dengan ditunjuknya Griya PMI Peduli sebagai TPS Istimewa adalah karena warga yang memiliki hak suara berjumlah lebih dari 100 orang.

"Karena jumlah warga di Griya PMI Peduli ini berjumlah 112, maka kami memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai TPS. Karena kalau harus berkunjung ke TPS umum juga rawan," ujar Wanto dikutip dari Kantor Berita RMOLJateng.

Tak hanya itu, Wanto juga menerangkan bahwa seluruh warga Griya PMI Peduli telah mendapat edukasi terkait pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kami menerangkan kepada ODGJ dan lansia tentang tata cara pencoblosan dan mengenal para kandidatnya juga," kata Wanto.

Di Griya PMI Peduli, setiap warganya juga mendapat pendampingan saat proses pemilihan berlangsung serta dalam pengawasan tim medis.

"Dengan diberikannya hak pilih bagi ODGJ dan lansia di Griya PMI Peduli dapat menghilangkan paradigma diskriminatif terhadap pasien ODGJ di masyarakat," tutup Wanto.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA