Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tingkatkan Literasi Santri, Insan Cita Mengabdi Bikin Pojok Baca di Bogor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Rabu, 24 Januari 2024, 20:04 WIB
Tingkatkan Literasi Santri, Insan Cita Mengabdi Bikin Pojok Baca di Bogor
Pojok Baca di Pondok Pesantren Kampung Al-Quran, Ciasihin Kabupaten Bogor yang dibangun Insan CIta Mengabdi/Ist
rmol news logo Dalam upaya meningkatkan literasi anak dan remaja Indonesia, panitia Insan Cita Mengabdi telah membangun sebuah Pojok Baca di Pondok Pesantren Kampung Al-Quran, Ciasihin Kabupaten Bogor, Rabu (24/1).

Hal itu guna mendukung minat baca para santri dan warga di sekitarnya yang merupakan bagian dari pengabdian masyarakat.

Ketua Panitia Acara, Ahmad Mukhollish Alamy mengungkapkan tujuan kegiatan ini karena rendahnya tingkat literasi dan pendidikan di pedesaan.

“Ini mendorong panitia acara untuk membuat program Pojok Baca ini. Kami sadar bahwa akses terhadap buku dan fasilitas baca sangatlah minim di daerah pedesaan,” kata Ahmad dalam keterangannya.

“Oleh karena itu kami sebagai panitia acara memutuskan untuk membangun Pojok Baca demi meningkatkan literasi, baik di kalangan warga maupun para santri,” tambahnya.

Menurut dia, program ini juga mendapat respons positif dari warga setempat.

“Alhamdulillah, setelah adanya pojok  baca, para santri jadi lebih senang dan semangat lagi untuk membaca buku-bukunya, Lebih tertata rapih dan lebih mudah mencari buku yang diinginkan,” jelas dia.

Ke depannya, panitia berharap agar program Pojok Baca yang telah dirintis ini bisa memberikan manfaat luas kepada para santri.

“Program ini kami harapkan bisa jadi pemicu bagi upaya serupa di tempat lain, sehingga makin banyak anak Indonesia yang memiliki minat baca dan meningkat literasinya,” tandas Ahmad.

Salah seorang pimpinan dari Pondok Pesantren Kampung Al-Quran, Aswidiantini menyatakan beberapa santri jadi lebih memilih membaca buku dibanding bermain saat jam istirahat atau jam kosong.

“Saat melihat temannya asyik di pojok baca yang lainnya jadi ikut tertarik juga untuk mampir di pojok baca,” pungkas Aswidiantini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA