Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengadaan 117 Motor untuk Lurah Dikritik Warganet, Walikota Semarang Minta Maaf

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 04 Desember 2023, 00:00 WIB
Pengadaan 117 Motor untuk Lurah Dikritik Warganet, Walikota Semarang Minta Maaf
Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu/Istimewa
rmol news logo Program pemberian motor inventaris dari Pemerintah Kota Semarang kepada para Lurah mendapat sorotan keras dari warganet di media sosial. Motor matic warna merah yang dibagikan Walikota Semarang kepada 177 Lrah itu dilakukan pada saat upacara Hari Korpri, 29 November 2023.

Salah satu komentar pedas disampaikan akun Instagram @ir.cham2000 yang menuliskan “Harga Vario 160 tahun 2023 Rp29,51 juta (varian tertinggi). Rp29,51 juta dikali 177 motor=Rp5,2 miliar. Repot Rp8 miliar – Rp5,2 miliar=Rp2,8 miliar (keuntungannya)".

Menanggapi hal itu, Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, segera mengklarifikasi informasi yang beredar terkait pengadaan 177 unit sepeda motor dinas bagi Lurah yang menimbulkan polemik di masyarakat.

Menurut Mbak Ita, sapaan akrabnya, ada kesalahan persepsi di masyarakat karena pihak Pemkot tidak menjelaskan secara rinci soal anggaran pengadaan motor.

Dia pun meminta maaf karena tidak menjelaskan rincian anggaran sebesar Rp8 miliar itu, yang menurutnya juga digunakan untuk pengadaan barang rumah tangga lainnya.

"Mohon maaf saya menyampaikan Rp8 miliar itu secara keseluruhan. Saya meluruskan, Rp8 miliar ini tidak hanya untuk (pengadaan) sepeda motor saja, tetapi juga kebutuhan rumah tangga lainnya untuk pelayanan masyarakat," tutur Mbak Ita kediaman pribadinya, Jalan Bukit Duta No 17, Bukit Sari Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Minggu (3/12)

Mbak Ita menambahkan, klarifikasi ini juga terkait anggaran pengadaan yang ditetapkan adalah senilai Rp7,931 miliar. Dia mengaku saat membaca besaran angka tersebut dilakukan secara global.

"Melihat dari berita-berita yang mungkin viral, saya mungkin membacanya keseluruhan Rp7,931 miliar. (Anggaran tiap sepeda motor mengacu) harga dealer itu Rp26.566.732 sehingga total anggaran Rp4.702.311.564," jelasnya, dikutip Kantor Berita RMOLJateng.

Selain sepeda motor bagi 177 Lurah se-Kota Semarang, Bagian Rumah Tangga Pemkot Semarang juga melakukan pengadaan barang untuk kepentingan masyarakat. Seperti di antaranya pakaian dinas, TV LED, dan alat pemadam api ringan (APAR).

Pengadaan TV LED dilakukan karena kondisi televisi layar datar yang digunakan untuk pemandu informasi masyarakat di Balai Kota Semarang telah buram dimakan usia. Termasuk pengadaan APAR didasari hal yang sama, bahwa tabung alat pemadam api itu sejak 2004 belum pernah diganti.

"Juga motor Lurah itu sudah dipakai sejak 2014. Bayangkan sudah hampir sembilan tahun belum diganti, mengingat sekarang ini banyak pelayanan kepada masyarakat yang mau tidak mau Lurah ini sering terjun ke lapangan," ujarnya.

Pengadaan sepeda motor dan barang rumah tangga lainnya itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kota Semarang 2023.

Selain itu juga ada faktor Kota Semarang tidak mengalami defisit selama 2 tahun terakhir, membuat rapat tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) dapat mengatur keuangan yang lebih fleksibel.

"Jadi mana-mana yang harus efisien, prioritas dan sebagainya. Sehingga pada saat akhir pembahasan APBD Perubahan dari tim TAPD ini melihat ada anggaran-anggaran yang bisa digunakan untuk kepentingan pelayanan publik, salah satunya sepeda motor," paparnya.

Pihaknya mengajak masyarakat dapat mengawal dan mengawasi langkah atau kebijakan yang dilakukan Pemkot)Semarang. Terkait pengadaan sepeda motor dinas lurah ini dilakukan secara transparan dan dapat dipantau melalui aplikasi belanja online atau e-Katalog.

"Maaf kalau kemarin membuat orang bertanya-tanya. Proses-prosesnya monggo panjenengan bisa lihat di e-Katalog, jadi tidak ada lagi istilahnya nempil," ujarnya.

Sebelumnya, seluruh Lurah di Kota Semarang mendapatkan sepeda motor dinas pada saat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang, Rabu (29/11).

Pemberian itu dilakukan langsung oleh Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu. secara simbolis. Pada saat itu, Mbak Ita menyatakan total anggaran yang dikucurkan untuk pengadaan sebanyak 177 unit sepeda motor Honda Vario 160 mencapai Rp8 miliar. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA