Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sungai Jadi Asin Akibat Kemarau, Warga Makarti Jaya Sulit Dapatkan Air Bersih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 05 September 2023, 04:58 WIB
Sungai Jadi Asin Akibat Kemarau, Warga Makarti Jaya Sulit Dapatkan Air Bersih
Desa Makarti Jaya/Ist
rmol news logo Dampak musim kemarau mulai dirasakan warga Kecamatan Makarti Jaya, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Musim kemarau bukan hanya menyebabkan berkurangnya debit air di Sungai Musi, namun juga merembesnya air laut yang masuk hingga menyebabkan terasa asin.

Dengan kondisi air yang kini mulai terasa asin, mengakibatkan warga Makarti kekurangan pasokan air bersih dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Air sungai mulai (kering) jadi asin, tidak bisa digunakan untuk makan minum karena bisa kena penyakit kolera," kata anggota DPRD Banyuasin, Arisa Lahari, usai rapat koordinasi dengan Bupati di tingkat kecamatan bersama Forkopimcam dan masyarakat di aula Kecamatan Makarti Jaya, Senin (4/9).

Lebih lanjut dia meminta kepada Pemerintah Kabupaten Banyuasin untuk dapat membagikan pasokan air bersih terutama di Kecamatan Makarti Jaya.

"Kita minta Pemkab memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat agar bisa dipergunakan," jelasnya.

Selain itu, dia juga meminta pihak Dinas Kesehatan Banyuasin agar siaga dalam penanggulangan penyakit yang rawan terjadi di musim kemarau, utamanya kolera.

"Dinkes juga harus standby karena musim kemarau ini rawan penyakit, sehingga apabila ada kasus di masyarakat bisa segera ditangani dengan cepat," tegasnya.

Sementara itu, Bupati Banyuasin H Askolani didampingi Wakil Bupati Banyuasin H Slamet Somosentono mengatakan akan mempertimbangkan terkait penganggaran air bersih untuk masyarakat.

"Terkait pasokan air bersih memang itu sangat dibutuhkan saat ini. Melalui APBD Perubahan kita anggarkan," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA