Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lancarkan KTT ASEAN, Polri Siapkan Rekayasa Lalin dan Pengamanan Jalur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Senin, 04 September 2023, 12:57 WIB
Lancarkan KTT ASEAN, Polri Siapkan Rekayasa Lalin dan Pengamanan Jalur
Kadivhumas Mabes Polri Irjen Sandi Nugroho dan Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi di Monumen Nasional, Jakarta Pusat/ Ist
rmol news logo Sebanyak 1.679 anggota Polri diterjunkan untuk pengamanan jalur dan rekayasa lalu lintas dalam menyambut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 yang digelar di Jakarta pada 5-7 September 2023.

Tujuan pengamanan ini dimaksudkan agar arus lalu lintas yang akan dilalui para delegasi, tamu negara, serta masyarakat dapat berjalan baik dan lancar.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho menjelaskan, untuk pengamanan rute dikerahkan sebanyak 1.128 personel, 300 personel untuk pengamanan parkir dan 251 personel untuk pengawalan yang terdiri dari 75 personel untuk pengawalan delegasi baik dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

"Lalu sebanyak 176 personel BKO paspampres," kata Sandi dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/9).

Menurut Sandi, kepadatan lalu lintas di Jakarta memang kerap terjadi. Karena itulah dalam pelaksanaan KTT ASEAN akan dilakukan rekayasa lalu lintas berupa buka tutup jalur di sejumlah jalan.

Hal ini dilakukan saat delegasi melintas, baik ke venue utama KTT ASEAN, ke akomodasi maupun venue lainnya.

Bukan hanya buka tutup jalur, Polri juga sudah berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta untuk membuat surat edaran soal pembatasan kendaraan besar di sejumlah ruas serta kebijakan work from home (WFH) untuk mengurangi mobilitas masyarakat selama penyelenggaraan KTT ASEAN.

"Kami juga mengusulkan ke Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk mengganti proses belajar mengajar sekolah yang ada di sekitar venue KTT ASEAN untuk dilakukan secara daring," kata Sandi.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA