Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rizal Ramli Berduka, Abdul Rachim Mantan Aktivis ITB yang Pernah Dipenjara karena Buku Putih 1978 Meninggal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Kamis, 06 April 2023, 04:38 WIB
rmol news logo Aktivis mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) era 1970an, Abdul Rachim, dikabarkan meninggal dunia. Pemilik nama lengkap Abdulrachim bin Kresno itu menghembuskan nafas terakhir Rabu malam (5/4) sekitar pukul 20.45 WIB.

Alumni Teknik Elektro ITB angkatan 1972 itu merupakan salah seorang penyusun "Buku Putih Perjuangan Mahasiswa" yang diterbitkan Dewan Mahasiswa (DM) ITB tahun 1978.

Kabar duka ini disampaikan ekonom senior Rizal Ramli, beberapa saat lalu (Kamis pagi, 6/4).

Rizal Ramli dan Abdul Rachim bersahabat sejak duduk di bangku kuliah. Saat Rizal Ramli menduduki posisi Menko Maritim dan Investasi (2015), ia mengajak Abdul Rachim yang akrab disapa Miming menjadi salah seorang staf khusus Menko.

"Innalillahi wa innailahi rojiun. Saya sangat sedih atas meninggalnya sahabat dan kawan seperjuangan, Ir. Abdul Rachim, Elektro ITB 1972," tulis Rizal Ramli.

Rizal menambahkan, selain dirinya dan Abdul Rachim, penulis Buku Putih itu lainnya adalah Irzadi Mirwan ITB dan Josef Manurung.

Buku Putih yang mereka tulis mengkritik pembangunan Orde Baru yang dinilai menciptakan kesenjangan dan ketimpangan, juga mengabaikan aspek pendidikan.

Buku Putih itu dipandang sebagai salah satu mile stone penting dalam perjalanan perlawanan terhadap Orde Baru. Peneliti Cornel University, Bennedict Anderson, menterjemahkannya ke dalam bahasa Inggris. Setelahnya, buku ini terjemahkan ke dalam delapan bahasa asing.

Karena Buku Putih itu, Rizal Ramli dan Abdul Rachim sempat merasakan dinginnya sel penjara Sukamiskin selama 1,5 tahun.

Mereka dipenjara bersama Ketua DM ITB Heri Akhmadi, dan sejumlah aktivis mahasiswanya, seperti Al Hilal Hamdi dan Ketua DM Unpad Iskaidir Chatab, juga Ketua DM Unisba Aa Tarsono.

"Dan selama belasan tahun kemudian, kami terus bersama memperjuangkan pemerintahan yang adil dan prorakyat," kata Rizal Ramli lagi sambil mendoakan agar amal kebaikan alm. Abdul Rachim diterima Allah SWT.

Abdul Rachim kini merupakan anggota Dewan Pakar Partai Buruh. Jenazahnya disemayamkan di rumah duka Jalan Swakarsa IV G 3, Pesona Residence, Jatibening, Bekasi, dan akan dimakamkan di TPU Jatiwaringin 1. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA