Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Usai Kecelakaan Kerja, Yulian Gunhar Minta PT GNI Morowali Utara Hentikan Operasi Sementara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 01 Februari 2023, 13:18 WIB
Usai Kecelakaan Kerja, Yulian Gunhar Minta PT GNI Morowali Utara Hentikan Operasi Sementara
Anggota komisi VII DPR RI Yulian Gunhar/Net
rmol news logo Anggota komisi VII DPR RI Yulian Gunhar, menyesalkan kembali terjadinya kecelakaan kerja di PT Gunbuster Nickel (GNI), Morowali Utara, Sulawesi Tengah, yang menimbulkan satu orang pekerja tewas. Menurutnya, berbagai rentetan kecelakaan kerja di perusahaan smelter nikel itu, bisa dijadikan alasan penghentian sementara operasional perusahaan, demi dilakukannya audit secara komprehesif.

“Sejak awal DPR telah meminta agar pemerintah melakukan audit komprehensif terhadap PT GNI, baik dari sisi teknologi smelter hingga pelaksanaan aspek Keselamatan Kesehatan Kerja (K3),” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (1/2).

Legislator PDI perjuangan itu menambahkan, bahwa langkah penghentian operasional sementara PT GNI itu sangat mendesak dilakukan demi mengungkap fakta penyebab kerap terjadinya kecelakaan kerja yang menimbulkan korban jiwa para pekerja.

“Jangan dilakukan pembiaran atas terjadinya rentetan kecelakaan kerja yang menimbulkan korban jiwa di pihak pekerja selama ini. Untuk itu perlu dihentikan sementara operasional perusahaan sampai selesai audit komprehensif,” katanya.

Gunhar menambahkan, audit komprehensif dilakukan terutama terhadap sistem manajemen K3 di lingkungan kawasan industri PT. GNI. Hal itu menurutnya perlu dilakukan demi memberikan jaminan keselamatan bagi para pekerja.

“Sebaiknya audit itu nantinya dilakukan dengan membentuk tim independen yang melibatkan semua pihak, baik dari pihak pemerintah, DPR, akademisi, dan pihak lainnya. Agar dipastikan bahwa operasional perusahaan selama ini tidak melakukan penyimpangan-penyimpangan,” pungkasnya.

Sebelumnya, satu orang pekerja tambang PT Gunbuster Nickel Industri (GNI), Morowali Utara, Sulawesi Tengah, tewas setelah mengalami kecelakaan akibat kendaraan dump truck yang dikemudikannya tergelincir di jalan hauling. Korban tewas dalam kecelakaan dump truck adalah pekerja PT GNI bernama Nelgi Rukka asal Tana Toraja, Sulawesi Selatan. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA