Dorong Keahlian dan Kompetensi, Puspresnas Gelar Kompetisi Antar SMK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 30 Oktober 2021, 20:34 WIB
Dorong Keahlian dan Kompetensi, Puspresnas Gelar Kompetisi Antar SMK
Lomba yang digelar Puspresnas bertajuk "Talenta SMK Berprestasi Menoreh Karya Tingkat Nasional dan Dunia"/Repro
rmol news logo Lomba Kompetensi Siswa adalah kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. LKS ini setara dengan OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang diadakan di SMP/SMA. Siswa yang mengikuti LKS adalah siswa terbaik dari provinsinya yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi.

Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) mengangkat tema "Talenta SMK Berprestasi Menoreh Karya Tingkat Nasional dan Dunia" dengan melaksanakan LKS sehingga bisa bertujuan memotivasi dan menginspirasi para pemerhati pendidikan menengah kejuruan.

Selain itu kegiatan tersebut bertujuan agar seluruh insan yang berkecimpung di dunia pendidikan dan pelatihan kejuruan semakin menyadari pentingnya mengetahui perkembangan kebutuhan keahlian atau kompetensi yang spesifik untuk memenuhi era digitalisasi maupun otomasi, agar peserta didik SMK yang dipersiapkan untuk siap kerja maupun siap latih.

Adapun bidang lomba LKS SMK 2021 terdiri atas 45 (empat puluh lima) bidang, dan salah satunya adalah bidang lomba Pemasaran Daring (Online Marketing).

Khusus untuk bidang lomba pemasaran daring ini Puspresnas didukung oleh Astraotoshop perusahaan e-commerce suku cadang otomotif anak perusahaan dari PT Astra Otosparts (AOP) yang bergerak di bidang manufaktur dan distribusi suku cadang kendaraan bermotor roda dua dan roda empat di Indonesia untuk pasar pabrikan otomotif dan pasar suku cadang pengganti.

Kepala Bidang SMK Puspresnas, Sukirno mengatakan kolaborasi puspresnas dengan melibatkan Astraotoshop dalam bidang lomba pemasaran daring diharapkan bisa mempercepat transfer knowledge dari dunia usaha kepada siswa-siswi SMK peserta lomba.

"Pelajar diharapkan memahami kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia usaha, karena berbeda dengan bidang lomba lainnya, dalam bidang lomba pemasaran daring setiap peserta sebelum mengikuti kompetisi diberikan pelatihan dalam setiap tahapan," ujar Sukirno dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/10).

Nantinya program pelatihan yang diberikan kepada setiap peserta adalah tahap pertama pada Buyer Pesona, Customer Journey, Instagram Ads dan Live Streaming Selling.

Semua materi ini dibuat oleh Dedy Budiman, CEO Derap Dynamis Training & Development salah satu dewan juri yang memang telah berpengalaman dalam dunia training dan pengembangan SDM khususnya dalam bidang penjualan dengan didukung dewan juri lainnya Indra Hadiwidjaja, ketua umum Asosiasi Profesi Sales Indonesia dan Ahmad Madani, pengurus Asosiasi Guru Marketing Indonesia.

Setelah peserta mempelajari materi yang diberikan mereka diminta untuk langsung praktek dengan mengimplementasikannya terhadap perusahaan astraotoshop, yaitu dengan membuat buyer persona astraotoshop, customer journey astraotoshop, memasang iklan dan membuat Live Streaming di Instagram untuk mempromosikan astraotoshop.

Nugroho Arifianto, Digital Dept Head Astra Otoparts mengatakan senang sekali melihat hasil yang dibuat oleh setiap peserta LKS Marketing, khususnya pada saat peserta melakukan live streaming di Instragram terlihat sekali kualitas siswa/I SMK ini tidak kalah dengan influencer yang sudah terbiasa melakukan live streaming.rmol news logo article



Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

FOLLOW US

ARTIKEL LAINNYA