Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Delapan Perusahaan Digandeng Anies Demi Jakarta Maju

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 13 September 2019, 23:11 WIB
Delapan Perusahaan Digandeng Anies Demi Jakarta Maju
Anies dan delapan perwakilan perusahaan/RMOL
rmol news logo Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginginkan ibukota menjadi kota maju yang pintar, ramah, dan nyaman bagi siapa saja yang tinggal. Empat tingkatan evolusi tengah disiapkan untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota maju di era 4.0.
HUT 79 RI

"Tingkatan pertama adalah city 1.0, di mana pemerintah kota sebagai administrator dan warga sebagai penghuni," ujar Anies di Balai Agung, Balaikota Jakarta, Jumat (13/9).

Selanjutnya naik ke tingkatan kedua dengan city 2.0, yaitu pemerintah sebagai penyedia jasa dan warga sebagai konsumen. Sedang tingkatan city 3.0, adalah pemerintah sebagai fasilitator dan warga sebagai partisipan.

"Puncaknya yang keempat, city 4.0, yakni pemerintah kota sebagai kolaborator dan warga sebagai kreator," jelas mantan Mendikbud itu.

Untuk mewujudkan hal itu , Anies menggandeng delapan perusahaan digital untuk Ikut serta membantu program pemprov DKI dengan memanfaatkan layanan aplikasi dalam rangka pengembangan kota cerdas.

"Tujuan ujungnya adalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," imbuhnya.

Anies menjelaskan mekanisme yang harus dibangun dan digunakan harus dengan mekanisme pasar agar semua itu bisa berkelanjutan.

"Kota ini menjadi efisien dan sehat, Apabila pemerintah bersama masyarakat menyiapkan solusi yang praktis.
Istilahnya adalah gotong royong. Maka saya katakan bantulah kami, " tutup Anies.

Delapan perusahaan tersebut adalah PT. Grab Teknologi Indonesia, PT. Bukalapak, PT. Tokopedia, PT. Nodeflux, PT. Shopee Internasional Indonesia, PT. Boneka Teknologi Indonesia, PT. Virtual  Online Exchange, dan PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA