Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lahirkan Kisah Sukses, Pemilihan Transmigran Teladan Kembali Digelar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Senin, 15 Agustus 2016, 22:38 WIB
Lahirkan Kisah Sukses, Pemilihan Transmigran Teladan Kembali Digelar
Mendes PDT Transmigrasi Eko Putro Sandjojo (kiri)
rmol news logo Pemilihan Transmigran Teladan dan Pembina Permukiman Transmigrasi Teladan Tahun 2016 kembali digelar. Penganugerahan ini merupakan bentuk apresiasi kepada para insan yang telah membantu mensukseskan program transmigrasi, khususnya para transmigran dan pembina permukiman Transmigrasi di seluruh Indonesia.

Demikian disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, dalam acara Pemberian Penghargaan dan Audiensi Transmigrasi Teladan dan Pembina Pemukiman Transmigrasi, di kantor Kemendes PDTT, Senin (15/9).

"Pemberian penghargaan seperti ini jangan sampai berhenti hanya sampai pada selesainya acara hari ini, tetapi diharapkan dapat menjadi pendorong peningkatan motivasi para transmigran dan petugas pembina permukiman transmigrasi yang ada di daerah lain untuk meningkatkan prestasi dan kinerjanya," ungkap Menteri Eko,

Eko menjelaskan, fakta menunjukkan bahwa penyelengaraan transmigrasi selama ini telah memberikan manfaat yang besar bagi tumbuh berkembangnya wilayah potensial di tanah air menjadi pusat-pusat pertumbuhan baru di beberapa daerah telah mendorong terbentuknya kota-kota baru menjadi 2 Ibukota Provinsi, 104 Ibukota Kabupaten, 385 Kecamatan dan lebih dari 1.185 Desa.

"Desa-desa definitif tersebut membangun dan mempercepat tumbuhnya desa-desa mandiri, mengintegrasikan desa-desa dalam kawasan transmigrasi menjadi desa yang mandiri dan maju," tandasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Roosari Tyas Wardhani, mengatakan, Pemilihan Transmigran Teladan dan Pembina permukiman Transmigrasi ini telah melalui proses yang panjang. Pihaknya telah memilih 25 calon Transmigran Teladan dan Pembina Permukiman Kawasan Transmigrasi.

"Penentuan pemenang Transmigrasi Tauladan harus memenuhi beberap aspek penilian. Diantaranya, aspek pendidikan, kesehatan, partisipasi masyarakat dan ekonomi. Sedangkan untuk Pembinan Permukiman Transmigrasi, dinilai dari aspek kompetensi,kepemimpinan, pelaksanaan tugas dan keberhasilan tugas,” urai Roosari.

Dalam acara tersebut, Kemendes PDTT mengumumkan para transmigran dan Pembina kawasan transmigrasi terpilih. Diantaranya, untuk kategori Transmigran Teladan juara 1 diraih oleh Munaksan dari Provinsi Sulawesi Tengah, juara 2 Munjung dari Provinsi Nusa Tenggara Barat, juara 3 Disro dari Provinsi Sumatera Selatan, juara harapan 1 Maryono Adi Putro Provinsi Kalimantan Utara, harapan 2 Yohanes Umbu Provinsi Nusa Tenggara Timur, harapan 3 I Gusti Alit Provinsi Maluku.

Untuk kategori pembina permukiman transmigrasi teladan juara 1 diraih oleh Firman Hidayat Provinsi Kalimantan Utara, juara 2 Handri Yanto Provinsi Kalimantan Barat, juara 3 Moh Arifin Provinsi Sulawesi Selatan, juara harapan 1 Akhmad Provinsi Nusa Tenggara Barat, harapan 2 Muhamad Soewakil Provinsi Maluku, harapan 3 Christophel Altadapi Surangku Provinsi Sulawesi Tengah. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA