Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lomba Satai Maranggi, Upaya Mempromosikan Khas Kuliner Purwakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Rabu, 10 Juni 2015, 14:06 WIB
Lomba Satai Maranggi, Upaya Mempromosikan Khas Kuliner Purwakarta
rmol news logo Sekitar 400 pedagang satai maranggi yang bertebaran di Purwakarta, Jawa Barat, akan ikut dalam lomba sate maranggi pada hari Minggu (14/6) mendatang. Mereka akan mewakili kecamatan masing-masing yang ada di kabupaten tersebut.

"Mereka berasal tujuh kecamatan, di antaranya Plered, Wanayasa dan Cibungur Sari," ujar Founder Rumah UKM, Subiakto Priosoedarsono, Selasa (8/6).

Lomba satai maranggi bagian kerjasama antara Rumah UKM dan Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, langsung menandatangani kerjasama tersebut.

"Akan dipilih tiga juara untuk mewakili Purwakarta ke tingkat lomba Nasional," ungkap Dedi.  

Dalam lomba nanti, peserta akan diberi waktu 60 menit untuk memulai dari persiapan: memotong daging, marinasi, menyiapkan pembakaran, hingga penyajian. Bondan Winarno, Chica Hindarto dan Chef Yudhi akan menjadi juri.

"Kami ingin satai maranggi bisa going Global," kata Kang Dedi, sapaan akrab tokoh Sunda ini. Selanjutnya baik pemenang maupun yang kalah akan diberikan pendidikan Chef berstandar Internasional.

Pihaknya bertekad menjadikan satai maranggi sebagai ikon kulinernya. Masyarakat akan banyak dilibatkan untuk memproduksi sate ini. "Kami ingin semua orang mengenal betul Purwakarta dengan kulinernya. Jadi ingat satai maranggi ingat Purwakarta," tandasnya.

Acara ini diawali dengan sarasehan pada Sabtu (13/6) bersama para pewaris satai maranggi dan beberapa ahli sesepuh budaya Sunda. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA