Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kejari Jaktim Jelaskan Duduk Perkara Penahanan Jubir Amin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Kamis, 28 Desember 2023, 20:41 WIB
Kejari Jaktim Jelaskan Duduk Perkara Penahanan Jubir Amin
Nurindra B Charismiadji (Indra Charismiadji)/Ist
rmol news logo Jurubicara Timnas Amin, Nurindra B Charismiadji (Indra Charismiadji), ditahan Kejaksaan Negeri Jakarta Timur (Kejari Jaktim) karena dugaan penggelapan pajak dan Tindak Pidana Pencucian uang (TPPU).

"Kejari Jaktim bersama tim jaksa penuntut umum Kejati DKI Jakarta menerima pelimpahan tersangka dan barang bukti (Tahap II) dari penyidik Kanwil DJP Jaktim, terkait penyidikan perkara perpajakan dan TPPU atas nama Nurindra B Charismiadji dan Ike Andriani," tutur Plh Kasi Intelijen, Mahfuddin Cakra Saputra, lewat keterangan tertulis, Kamis (28/12).

Menurutnya, Charismiadji dan Ike Andriani terjerat kasus tindak pidana perpajakan dan TPPU, yakni sengaja menerbitkan dan atau menggunakan faktur pajak yang tidak berdasarkan transaksi yang sebenarnya dalam kurun waktu tahun pajak 2017 Januari sampai 2019.

"Bahwa tersangka Nurindra B Charismiadji, pemilik PT Luki Mandiri Indonesia, bersama Ike Andriani, sekitar Januari 2019 sampai Desember 2019 diduga melakukan tindak pidana perpajakan dan TPPU dengan cara sengaja tidak menyampaikan surat pemberitahuan masa PPN atau sengaja tidak menyetorkan PPN yang telah dipungut ke kas negara," kata Cakra.

Akibat perbuatan itu, negara dirugikan hingga mencapai Rp1.103.028.418,00 (satu milyar seratus tiga juta dua puluh delapan ribu empat ratus delapan belas rupiah).

Kini yang bersangkutan ditahan di Rutan Cipinang, Jakarta Timur.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA