Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu RI Ajak Kamboja Tingkatkan Kerjasama di Sektor Industri Militer

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 21 Agustus 2024, 20:14 WIB
Menlu RI Ajak Kamboja Tingkatkan Kerjasama di Sektor Industri Militer
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Kamboja, Sok Chenda Sophea di Phnom Penh pada Rabu, 21 Agustus 2024/Kemlu RI
rmol news logo Dalam rangka memperingati 65 tahun hubungan diplomatik, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menggelar pertemuan Joint Commission for Bilateral Cooperation (JCBC) bersama dengan Menteri Luar Negeri Kamboja, Sok Chenda Sophea di Phnom Penh pada Rabu (21/8). 
HUT 79 RI

Dalam pertemuan itu terdapat sejumlah topik yang dibahas, salah satunya ialah kerjasama pertahanan dan keamanan. 

Menlu RI mendorong agar kerjasama di bidang keamanan, khususnya industri militer terus diperkuat. 

"Dalam pertemuan saya mendorong penguatan kemitraan di bidang pertahanan, termasuk kerja sama industri pertahanan," ujar Menlu. 

Lebih lanjut, Menlu mengungkap ketertarikan Kamboja untuk membeli sejumlah peralatan militer produksi Indonesia seperti helikopter dan senjata ringan.

Untuk menindaklanjuti ketertarikan tersebut, Menlu mengundang pihak Kamboja mengunjungi pabrik industri pertahanan Indonesia secara langsung.

"Saya mengundang pihak Kamboja untuk mengunjungi industri pertahanan Indonesia seperti ke PT PINDAD dan PTDI dan juga berpartisipasi dalam Indo Defence Expo & Forum yang akan diselenggarakan pada November tahun ini," kata Retno.

Pada kesempatan itu, Menlu RI juga menyambut baik kunjungan KRI Bima Suci ke Pelabuhan Sihanoukville pada 16-19 Agustus lalu. 

Menurutnya kunjungan angkatan laut Kamboja ke Indonesia menjadi simbol eratnya hubungan militer kedua negara.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA