Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gagal Dikirim ke Libya, Drone Militer China Keburu Disita Italia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 03 Juli 2024, 14:00 WIB
Gagal Dikirim ke Libya, Drone Militer China Keburu Disita Italia
Komponen drone China yang disita petugas bea cukai Italia di Pelabuhan Gioia Tauro/Net
rmol news logo Pihak berwenang Italia berhasil mencegat dan menyita dua drone militer buatan China yang awalnya akan dikirim ke Libya.

Menurut polisi dan badan bea cukai Italia, drone tersebut disamarkan agar terlihat seperti turbin angin, namun akhirnya ditemukan di enam kontainer di pelabuhan Gioia Tauro di wilayah selatan Calabria.

"Drone itu tersembunyi di antara replika bilah turbin angin," ungkap laporan tersebut, seperti dimuat AFP pada Rabu (3/7).

Penyitaan tersebut dilakukan karena Libya yang tengah dilanda perang saudara terkena embargo senjata internasional. Sehingga transaksi penjualan senjata militer dilarang.

Pengumuman penyitaan itu mengonfirmasi laporan surat kabar Italia Corriere della Sera yang diterbitkan 18 Juni lalu.

Dikatakan bahwa drone disita dari sebuah kapal kontainer yang datang dari pelabuhan Yantian di China selatan dan dalam perjalanan ke Benghazi, pelabuhan Libya timur yang dikendalikan oleh komandan militer Khalifa Haftar.

Libya mengalami kekacauan setelah penggulingan Muammar Gaddafi dalam pemberontakan yang didukung NATO pada tahun 2011, dan terpecah antara pemerintahan yang bersaing di timur dan barat.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA