Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nancy Pelosi Kecam Upaya China Hapus Budaya Tibet

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 19 Juni 2024, 22:10 WIB
Nancy Pelosi Kecam Upaya China Hapus Budaya Tibet
Pertemuan delegasi DPR AS dengan pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama di Dharamshala, Himachal Pradesh, India, pada Rabu, 19 Juni 2024/Net
rmol news logo Mantan Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi mengeluarkan kecaman keras terhadap China setelah bertemu langsung dengan pemimpin Tibet, Dalai Lama di India Utara pada Rabu (19/6).

Pelosi bergabung dalam perjalanan bersama delegasi bipartisan yang dipimpin oleh Ketua Komite Urusan Luar Negeri DPR dari Partai Republik Michael McCaul ke tempat pengasingan Dharamshala.

Rombongan DPR itu juga bertemu dengan pejabat pemerintah Tibet di pengasingan.

Kepada Dalai Lama, Pelosi menjelaskan bahwa rancangan undang-undang yang baru-baru ini disahkan di Kongres berisi penolakan keras AS terhadap upaya China menghapus budaya Tibet.

"China berusaha menghapus budaya, mengurangi penggunaan bahasa. Mereka mencoba sesuatu yang kita tidak bisa membiarkan mereka lolos begitu saja," ujarnya, seperti dimuat TIME.

“RUU ini merupakan pesan kepada pemerintah China agar kita memiliki kejelasan dalam pemikiran dan pemahaman kita mengenai masalah kebebasan Tibet,” kata Pelosi.

China menganggap Dalai Lama sebagai seorang pemimpin separatis karena memperjuangkan otonomi Tibet dari Beijing.

Sementara Pelosi telah lama menjadi kritikus kebijakan China terhadap Tibet, di pernah mengunjungi kota Lhasa di Tibet pada tahun 2015.

China mengambil alih Tibet pada 1950-an, kemudian Dalai Lama dan biksu lainnya melarikan diri ke tempat pengasingan di  Dharamshala, India. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA