Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Tolak Pengakuan Tiga Negara Eropa untuk Palestina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 23 Mei 2024, 10:15 WIB
AS Tolak Pengakuan Tiga Negara Eropa untuk Palestina
Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat, Jake Sullivan/Net
rmol news logo Deklarasi Irlandia, Norwegia dan Spanyol untuk mengakui Palestina sebagai sebuah negara, tidak bisa diterima oleh Amerika Serikat.

Sebagai pendukung solusi dua negara, Amerika Serikat menentang pengakuan tersebut karena dilakukan secara sepihak tanpa melibatkan Israel di dalamnya.

"Amerika sama tegasnya dengan catatan bahwa solusi dua negara harus diwujudkan melalui negosiasi langsung melalui para pihak, bukan melalui pengakuan sepihak,” ujar penasihat keamanan Gedung Putih, Jake Sullivan, seperti dimuat AFP pada Kamis (23/5).

Pada Rabu (23/5), Irlandia, Norwegia dan Spanyol mengumumkan bahwa mereka akan menjalin hubungan diplomatik dengan Palestina, dan memperingatkan Israel agar tidak membalas dengan menahan dana.

Israel menanggapinya dengan marah, termasuk dengan menarik utusannya, dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menuduh negara-negara Eropa telah memberikan hadiah pada teroris.

Menteri Keuangan sayap kanan Israel Bezalel Smotrich mengatakan kepada Netanyahu bahwa dia ingin mengambil tindakan pembalasan termasuk memutuskan perjanjian di mana Norwegia menangani dana yang ditujukan untuk Otoritas Palestina.

Berdasarkan perjanjian perdamaian yang sebagian ditengahi oleh Norwegia pada tahun 1990an, Israel mengumpulkan dana untuk Otoritas Palestina, yang menjalankan otonomi terbatas di beberapa bagian Tepi Barat.

Namun Israel telah memblokir transfer tersebut sejak serangan Hamas pada 7 Oktober, yang menguasai Jalur Gaza.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA