Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mohammad bin Salman Batalkan Kunjungan ke Pakistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Selasa, 14 Mei 2024, 11:56 WIB
Mohammad bin Salman Batalkan Kunjungan ke Pakistan
Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammad Bin Salman Al Saud
rmol news logo Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammad Bin Salman Al Saud, membatalkan rencana kunjungan ke Pakistan yang sedianya dilakukan tanggal  19 Mei mendatang.

Pemerintah Pakistan yang telah mempersiapkan kunjungan penting tersebut selama berminggu-minggu, masih bungkam mengenai alasan di balik penundaan tersebut. Sejumlah sumber, seperti disebutkan Siasat Daily, mengatakan, penundaan kunjungan dilakukan MBS karena tidak senang dengan situasi keamanan di Pakistan yang memburuk akhir-akhir ini.

Mereka mengungkapkan bahwa Putra Mahkota Saudi masih cukup kecewa dengan perkembangan politik di Pakistan, terutama dengan pernyataan yang dibuat oleh beberapa pemimpin baru-baru ini yang dipandang sebagai upaya untuk menyeret Arab Saudi ke dalam urusan internal negara tersebut.

Baru-baru ini, pemimpin Tehreek-e-Insaf (PTI) Pakistan Sher Afzal Marwat menyalahkan ‘pengaruh Saudi’ di belakangnya karena tidak dipertimbangkan untuk menduduki jabatan Ketua Komite Akuntan Publik (PAC).

“Shibli Faraz mengatakan kepada Imran Khan di penjara bahwa Duta Besar Saudi tidak ingin saya ditunjuk sebagai ketua PAC,” kata Marwat saat berbicara kepada media di luar penjara Adyala di Rawalpindi, di mana dia dilarang bertemu dengan mantan Perdana Menteri tersebut.

Bulan lalu, Marwat mengklaim bahwa Arab Saudi adalah “saluran” bagi operasi pergantian rezim yang dilakukan oleh Amerika Serikat untuk menggulingkan pemerintahan Imran Khan setelah itu PTI mencopotnya dari komite inti dan politiknya dan juga mengeluarkan pemberitahuan alasan untuk mencobanya. untuk merusak hubungan dengan Arab Saudi.

“Sudah pasti Arab Saudi tidak senang dengan pernyataan Marwat yang terkesan menyalahkan kepentingan politik dalam negeri. Marwat secara langsung menuduh Arab Saudi ikut campur dalam politik Pakistan dan Saudi tidak menoleransi perilaku seperti itu,” kata analis politik senior Javed Siddique sambil mengakui bahwa pembatalan kunjungan MBS ke Pakistan merupakan “kemunduran” besar bagi negara tersebut.

Di sisi lain, sumber-sumber pemerintah berpendapat bahwa ada beberapa hal di bidang ekonomi yang masih perlu diselesaikan antara kedua belah pihak sebelum MBS menyelesaikan kunjungannya ke Pakistan.

Mereka menyatakan bahwa para investor dan pengusaha Saudi, yang baru-baru ini melakukan perjalanan ke Pakistan, tertarik pada beberapa proyek namun syarat-syarat perjanjian tersebut belum diselesaikan.

Setelah MBS menerima undangan PM Pakistan Shehbaz Sharif untuk mengunjungi negara tersebut, pemerintah telah bekerja keras untuk memastikan bahwa kunjungan tersebut tidak ditunda lagi dan pada akhirnya mengarah pada lebih banyak investasi Saudi.

Meskipun juru bicara Kementerian Luar Negeri mengatakan bahwa revisi jadwal kunjungan tersebut masih dalam proses penyusunan, sumber mengatakan bahwa MBS kemungkinan akan mengunjungi Pakistan pada minggu ketiga bulan Juni, tak lama setelah libur haji dan Idul Adha. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA