Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Keamanan Gwadar Rawan, Investasi CPEC Bisa Berantakan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Jumat, 22 Maret 2024, 18:53 WIB
Keamanan Gwadar Rawan, Investasi CPEC Bisa Berantakan
Suasana ketika pelabuhan Gwadar di Pakistan diserang kelompok pemberontak, Rabu (20/3)/Dawn
rmol news logo Keamanan di Gwadar, kota pelabuhan di selatan Pakistan, mengkhawatirkan. Investasi Republik Rakyat China (RRC) membangun China Pakistan Economic Corridor (CPEC) dalam kerangka Belt and Road Initiative (BRI) bisa berantakan.

Kekhawatiran ini semakin beralasan setelah Kompleks Otoritas Pelabuhan Gwadar diserang kelompok separatis Tentara Pembebasan Balochistan (BLA) hari Rabu lalu (20/3). Serangan ini merupakan salah satu pengingat akan suramnya militansi di negara tersebut. Dalam beberapa hari setelah serangan teroris besar di Waziristan Utara, para militan menargetkan sebuah fasilitas yang menampung kantor-kantor pemerintah, termasuk kantor-kantor badan keamanan.

Brigade Majeed, yang berafiliasi dengan Tentara Pembebasan Balochistan yang dilarang, mengaku bertanggung jawab. Setidaknya delapan teroris dibunuh oleh pasukan keamanan, sementara dua tentara tewas. Penyergapan tersebut menunjukkan bahwa militan separatis di Balochistan masih tetap menjadi ancaman terhadap keamanan provinsi tersebut.

Ini bukan pertama kalinya Gwadar dan sekitarnya menjadi sasaran pemberontak. Di sini, separatisme dan geopolitik berpadu menjadi sebuah kombinasi yang mematikan, karena para militan yang diyakini mendapat dukungan dari lembaga-lembaga yang bermusuhan menargetkan kepentingan Tiongkok dalam apa yang seharusnya menjadi permata mahkota CPEC.

Hotel mewah PC juga pernah mengalami serangan serupa pada tahun 2019, yang juga dilakukan oleh BLA. Kelompok teroris tersebut mengatakan bahwa mereka menargetkan fasilitas tersebut karena menampung “investor Tiongkok dan asing lainnya”.

Seperti dilaporkan Dawn, sebuah institut berbahasa Mandarin di dalam Universitas Karachi terkena serangan mematikan pada tahun 2022. Serangan terhadap Gwadar memiliki signifikansi geopolitik yang luar biasa, karena serangan semacam itu dirancang untuk menakut-nakuti investasi dan aktivitas ekonomi apa pun yang dilakukan di kota pesisir tersebut.

Investigasi yang tepat harus mengungkap bagaimana para penyerang dapat menyerang fasilitas resmi yang menampung LEA. Bahkan sebaliknya, Gwadar dikatakan berada di bawah perlindungan keamanan, terutama untuk melindungi warga negara Tiongkok dan pihak lain yang terkait dengan proyek CPEC di Balochistan. Faktanya, beberapa pengamat telah menunjuk pada ‘hubungan kerja’ antara kelompok militan yang terinspirasi agama seperti TTP, dan kelompok separatis Baloch, termasuk BLA.

Hubungan ini perlu segera diputus, jika tidak hal ini akan membahayakan situasi keamanan di Korea Selatan dan Balochistan, terutama jika kedua kelompok militan tersebut mendapatkan bantuan dari luar perbatasan kita. Setelah serangan Gwadar, kepala menteri Balochistan mengatakan bahwa siapa pun yang menggunakan kekerasan “tidak akan mendapat ampun dari negara”.

Meskipun demikian, selain dimensi keamanan, aspek sosio-politik dan ekonomi dari pemberontakan juga harus dikaji. Makalah ini telah lama berpendapat bahwa kemiskinan dan kekurangan di Balochistan perlu diatasi agar isu separatisme dapat diatasi dengan sukses.

Investasi asing diperlukan secara langsung, namun hasil dari proyek-proyek ini – baik yang terkait dengan CPEC, skema pertambangan, atau lainnya – harus menjangkau masyarakat Balochistan. Selain itu, isu-isu seperti penghilangan paksa, dan indikator kesehatan dan pendidikan yang buruk tidak dapat diabaikan dan harus diberi prioritas.

Jika faktor-faktor yang berkontribusi terhadap hal ini tidak diatasi dengan sungguh-sungguh, maka akan sangat sulit untuk memberantas perpecahan, dan pihak-pihak asing yang bermusuhan akan terus mengeksploitasi kelemahan internal kita. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA