Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PM Armenia Ancam Perang Jika Azerbaijan Tidak Kompromi Pengembalian 4 Desa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Selasa, 19 Maret 2024, 22:59 WIB
PM Armenia Ancam Perang Jika Azerbaijan Tidak Kompromi Pengembalian 4 Desa
Perdana Menteri Nikol Pashinyan/Net
rmol news logo Armenia bisa menghadapi perang dengan Azerbaijan jika tidak berkompromi dengan Baku dan mengembalikan empat desa Azerbaijan yang dikuasainya sejak awal tahun 1990-an, kata Perdana Menteri Nikol Pashinyan dalam sebuah video yang diterbitkan pada hari Selasa.

Pashinyan menyampaikan hal tersebut dalam pertemuan pada hari Senin dengan penduduk daerah perbatasan di wilayah Tavush di Armenia utara, dekat dengan serangkaian desa-desa sepi di Azerbaijan yang dikuasai Yerevan sejak awal tahun 1990-an.

Keempat desa tersebut, yang tidak berpenghuni selama lebih dari 30 tahun, memiliki nilai strategis bagi Armenia karena terletak di jalan utama antara Yerevan dan perbatasan Georgia.

Azerbaijan mengatakan pengembalian tanahnya, yang juga mencakup beberapa daerah kantong kecil yang seluruhnya dikelilingi oleh wilayah Armenia, merupakan prasyarat yang diperlukan bagi perjanjian damai untuk mengakhiri konflik selama tiga dekade atas wilayah Nagorno-Karabakh, yang direbut kembali oleh pasukan Baku pada September lalu.

Kantor berita Rusia TASS mengutip Pashinyan yang mengatakan kepada penduduk dalam klip video yang diedarkan oleh pemerintahnya bahwa kegagalan untuk berkompromi mengenai desa-desa yang disengketakan dapat menyebabkan perang dengan Azerbaijan "pada akhir minggu ini".

“Saya tahu bagaimana perang seperti itu akan berakhir,” tambahnya.

Yerevan menderita kekalahan besar pada September lalu ketika pasukan Baku merebut kembali Nagorno-Karabakh dalam serangan kilat, yang menyebabkan hampir seluruh etnis Armenia yang diperkirakan berjumlah 100.000 orang di kawasan itu mengungsi ke Armenia.

Meskipun Karabakh diakui secara internasional sebagai wilayah Azerbaijan, etnis Armenia di wilayah tersebut telah menikmati kemerdekaan de facto dari Baku sejak perang pada awal tahun 1990an.

PERJANJIAN DAMAI
Baku dan Yerevan mengatakan mereka sekarang ingin menandatangani perjanjian perdamaian resmi, namun perundingan terhenti karena berbagai masalah termasuk demarkasi perbatasan bersama sepanjang 1.000 km (620 mil), yang masih tertutup dan dijaga ketat oleh militer.

Pashinyan telah memberi isyarat dalam beberapa pekan terakhir bahwa dia bersedia mengembalikan tanah Azerbaijan yang dikuasai Armenia, dan menyarankan untuk mengubah rute jaringan jalan Armenia untuk menghindari wilayah Azerbaijan.

Azerbaijan yang mayoritas penduduknya beragama Islam juga terus menguasai wilayah yang diakui secara internasional sebagai bagian dari Armenia Kristen.

Presiden Azeri Ilham Aliyev mengatakan pada hari Minggu bahwa negaranya “lebih dekat dari sebelumnya” menuju perdamaian dengan Armenia, dalam pernyataan yang dibuat setelah mengadakan pembicaraan dengan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg di Baku.

Stoltenberg mengadakan pembicaraan pada hari Selasa dengan Pashinyan di Armenia, yang secara nominal merupakan sekutu Rusia meskipun hubungannya dengan Moskow telah memburuk dalam beberapa bulan terakhir karena apa yang menurut Yerevan adalah kegagalan Rusia untuk melindunginya dari Azerbaijan.

Akibatnya, Armenia telah mengubah kebijakan luar negerinya ke arah Barat, yang membuat Moskow kecewa, dan para pejabat senior menyatakan bahwa suatu hari nanti Armenia mungkin akan mengajukan keanggotaan di Uni Eropa.

Dalam sebuah pernyataan yang diposting pada hari Selasa di aplikasi perpesanan Telegram, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova menyatakan bahwa hubungan Yerevan yang semakin erat dengan Barat adalah alasan Armenia harus memberikan konsesi kepada Azerbaijan.rmol news logo article


EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA