Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dari Bandung, Menlu Retno akan Beberkan Prioritas Kebijakan Luar Negeri Indonesia Tahun Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 08 Januari 2024, 10:39 WIB
Dari Bandung, Menlu Retno akan Beberkan Prioritas Kebijakan Luar Negeri Indonesia Tahun Ini
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi/Net
rmol news logo Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan memberikan Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) untuk tahun 2024.

PPTM 2024 digelar di Gedung Merdeka, Bandung pada Senin (8/1). Pemilihan Kota Bandung dilakukan untuk menghidupkan kembali semangat Konferensi Asia Afrika (KAA) pada 1955.

Untuk tahun ini, PPTM mengusung tema "Advancing Free and Active Foreign Policy: A Ten Year Journey".

Dalam keterangan di laman resminya, Kementerian Luar Negeri RI menjelaskan, tema tersebut diambil lantaran selama sepuluh tahun terakhir, politik luar negeri Indonesia terus dijalankan dengan berlandaskan pada spirit KAA.

"Diplomasi Indonesia dijalankan untuk memberi manfaat konkret bagi rakyat, membela kepentingan negara-negara berkembang dan berkontribusi bagi perdamaian serta keamanan dunia, termasuk untuk membela hak-hak Palestina, satu-satunya negara peserta KAA yang belum merdeka," tulis Kemlu.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, gelaran PPTM kali ini mengundang duta besar-duta besar dan perwakilan dari negara-negara sahabat. Di samping itu juga para pemimpin media turut hadir.

PPTM sendiri merupakan bentuk akuntabilitas dan transparansi kerja Kemlu. Setiap awal tahun, Menlu akan menyampaikan pidato capaian diplomasi Indonesia selama satu tahun dan apa saja prioritas kebijakan luar negeri Indonesia pada satu tahun mendatang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA