Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Ajak Pemimpin Global South Hidupkan Kembali Bandung Spirit untuk Dukung Palestina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 20 November 2023, 14:31 WIB
Jokowi Ajak Pemimpin Global South Hidupkan Kembali Bandung Spirit untuk Dukung Palestina
Presiden RI Joko Widodo dalam pidatonya di KTT ke-2 Voice of Global South (VOGSS) yang diadakan secara virtual pada Jumat, 17 November 2023/Ist
rmol news logo Semangat yang terkandung dalam Bandung Spirit harus kembali dihidupkan guna menunjukkan solidaritas yang kuat dari negara-negara Global South kepada Palestina.

Begitu yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo dalam pidatonya di KTT ke-2 Voice of Global South (VOGS) yang diadakan secara virtual pada Jumat (17/11).

Ketika membuka pidatonya, Jokowi langsung menyoroti situasi Gaza yang semakin memprihatinkan dalam dua bulan terakhir.

"Lebih dari 11 ribu orang telah menjadi korban di mana sebagian besar di antaranya adalah perempuan dan anak-anak. Namun sayangnya dunia seolah tidak berdaya untuk mencari jalan keluar," kata Jokowi, seperti dikutip dari pernyataan tertulis yang dikeluarkan Kedutaan India di Jakarta pada Senin (20/11).

Oleh sebab itu, Presiden RI itu mengajak para pemimpin global untuk meningkatkan upaya mereka dalam membantu mewujudkan perdamaian di Palestina.

"Sebagai sesama pemimpin Global South, saya mengajak kita semua untuk menghidupkan kembali Bandung Spirit dan menunjukkan solidaritas kita bagi Palestina," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mendesak agar gencatan senjata di Jalur Gaza segera tercapai guna mempercepat bantuan kemanusiaan dan pembicaraan damai.

KTT VOGS merupakan bagian dari inisiatif India untuk mempertemukan para pemimpin Global South untuk mempertimbangkan permasalahan, kepentingan dan prioritas serta bertukar ide dan solusi bersama.

Dihadiri oleh perwakilan dari 125 negara berkembang, KTT VOGS disusun menjadi 10 sesi, di mana sesi pembuka dan penutup diadakan di tingkat kepala negara, dan dipandu langsung oleh Perdana Menteri Narendra Modi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA