Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Paus Fransiskus Desak Israel-Hamas Hentikan Perang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 23 Oktober 2023, 14:01 WIB
Paus Fransiskus Desak Israel-Hamas Hentikan Perang
Paus Fransiskus/Net
rmol news logo Desakan untuk mengakhiri perang Israel dan Hamas di Jalur Gaza datang dari kepala Vatikan, Paus Fransiskus.

Pada Minggu (22/10), paus memohon agar konflik militer itu secepatnya dihentikan karena merusak nilai-nilai persaudaraan.

"Perang selalu merupakan kekalahan, itu adalah kehancuran persaudaraan manusia. Saudara-saudara, hentikan! Berhenti!" ujarnya, setelah doa Angelus di Lapangan Santo Petrus Roma, seperti dimuat AFP.

Menurut paus, perang di Jalur Gaza harus segera dihentikan agar lebih banyak bantuan kemanusiaan yang bisa masuk ke sana.

“Saya memperbarui seruan saya agar ruang dibuka, bantuan kemanusiaan terus berdatangan, dan pembebasan sandera,” tegasnya.

Militan Hamas menyerbu Israel dari Jalur Gaza pada 7 Oktober, menewaskan sedikitnya 1.400 warga di sana. Tak lama, Israel melakukan serangan balasan dan mendeklarasikan perang yang mengakibatkan tewasnya 4.300 warga Palestina.

Krisis kemanusiaan di Gaza semakin meningkat sejak Israel memperlakukan blokade dengan memutus pasokan air, makanan hingga listrik.

Meski bantuan pertama ke Gaza berhasil dikirimkan pada Sabtu (21/10), tetapi menurut PBB 20 truk yang mengangkut paket bantuan itu tidak akan cukup mengingat populasi terdampak di sana mencapai 2,4 juta orang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA