Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Retno: ASEAN-GCC Dua Kekuatan Ekonomi Menjanjikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 20 Oktober 2023, 20:40 WIB
Menlu Retno: ASEAN-GCC Dua Kekuatan Ekonomi Menjanjikan
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi di Riyadh, Arab Saudi pada Jumat, 20 Oktober 2023/Ist
rmol news logo Dengan potensi yang dimiliki, ASEAN dan GCC (Dewan Kerjasama Negara-negara Teluk) diperkirakan mampu menjadi kekuatan ekonomi yang menjanjikan di masa depan.

Begitu yang disampaikan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dalam pernyataan pers dengan Menlu Arab Saudi Faisal bin Farhan al Saud di Riyadh pada Jumat (20/10).

Menlu Retno mengatakan, ASEAN dan GCC sangat potensial karena memiliki PDB gabungan mencapai 5 triliun dolar AS dan populasi hingga 700 juta orang.

"ASEAN dan GCC adalah dua kekuatan ekonomi dengan masa depan yang menjanjikan," tegasnya.

Selain itu, kata Menlu Retno, pertumbuhan ekonomi keduanya pada tahun lalu rata-rata mengalami peningkatan dengan GCC 7,5 persen dan ASEAN 5,3 persen.
 
"Capaian itu bisa menjadi modal bagi ASEAN dan GCC untuk lebih memperkuat kerja sama dalam mendorong perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran kawasan," jelasnya.

Kerangka kerjasama ekonomi kedua organisasi telah tercantum dalam Pernyataan Bersama KTT ASEAN-GCC Riyadh dan Kerangka Kerja Sama ASEAN-GCC 2024-2028.

Kerangka itu mencakup pengaturan kerjasama di bidang pemberantasan terorisme; perdagangan dan investasi, termasuk UMKM; Pertanian dan ketahanan pangan; Energi, pariwisata, konektivitas; dan Kebudayaan, informasi, dan pendidikan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA