Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Marcos: Filipina Cuma Pertahankan Kedaulatan, Bukan Cari Masalah di Laut China Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 29 September 2023, 14:21 WIB
Marcos: Filipina Cuma Pertahankan Kedaulatan, Bukan Cari Masalah di Laut China Selatan
Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr/Net
rmol news logo Filipina akan terus mempertahankan wilayah dan hak-hak nelayan yang tengah mencari nafkah di perairan yang sesuai dengan hukum internasional. Sebaliknya, Manila tidak mencari masalah seperti halnya yang dituduhkan oleh China.

Demikian yang ditegaskan oleh Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr dalam pidato pertamanya terkait perselisihan dengan China di Laut China Selatan, pada Jumat (29/9).

"Apa yang akan kami lakukan adalah terus membela Filipina, wilayah maritim Filipina, hak-hak nelayan kami untuk menangkap ikan di wilayah yang sudah mereka lakukan selama ratusan tahun," kata Marcos.

"Itulah sebabnya saya tidak mengerti mengapa hal ini terjadi," tambahnya, seperti dimuat The Straits Times.

Ketegangan antara Filipina dan China meningkat pada pekan ini, setelah Penjaga Pantai Filipina mengatakan telah menghilangkan pembatas terapung yang dipasang oleh China di sekitar Scarborough Shoal yang disengketakan. Tetapi Penjaga Pantai China membantah tudingan Filipina.

Hubungan antara Filipina dan China telah memburuk akhir-akhir ini, sebagian besar disebabkan oleh tawaran Marcos untuk memperdalam hubungan pertahanan dengan Washington, termasuk menawarkan akses yang lebih luas kepada pasukan AS. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA