Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Niger Tutup Wilayah Udara untuk Pesawat Prancis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 25 September 2023, 13:54 WIB
Niger Tutup Wilayah Udara untuk Pesawat Prancis
Air France/Net
rmol news logo Setelah putusnya hubungan dua negara, pemerintah junta militer Niger telah melarang pesawat Prancis terbang di atas wilayah udara negaranya lagi.

“Wilayah udara Niger terbuka untuk semua penerbangan komersial nasional dan internasional kecuali pesawat Prancis atau pesawat yang disewa oleh Prancis termasuk maskapai penerbangan Air France,” bunyi pernyataan dari organisasi keselamatan udara regional, ASECNA.

Berdasarkan laporan yang dimuat Mehr News pada Senin (25/9), pernyataan tersebut juga menegaskan bahwa ruang udara Niger akan tetap ditutup untuk semua penerbangan militer, operasional, dan penerbangan khusus lain di negaranya, kecuali jika penerbangan itu mendapatkan izin sebelumnya.

Keputusan ini berasal dari peristiwa pada Agustus lalu, ketika Niger mengumumkan penutupan sementara wilayah udaranya sebagai respons terhadap ancaman intervensi militer dari negara-negara tetangga.

Ancaman tersebut muncul setelah Komunitas Ekonomi Negara-negara Afrika Barat (ECOWAS) mengancam akan menggunakan kekuatan militer untuk memulihkan Presiden Niger Mohamed Bazoum, yang digulingkan dalam sebuah kudeta militer pada 26 Juli lalu.

Sementara itu, saat ini seluruh militer dan diplomat Prancis dikabarkan akan segera angkat kaki dari Niger, setelah hubungan kedua negara itu terputus, yang membuat sekitar 1.500 tentara Prancis akan meninggalkan negara Afrika Barat itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA