Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perbatasan Afghanistan dan Pakistan Dibuka Kembali Setelah Ditutup Satu Minggu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 15 September 2023, 12:15 WIB
Perbatasan Afghanistan dan Pakistan Dibuka Kembali Setelah Ditutup Satu Minggu
Perbatasan Torkham yang memisahkan antara Afghanistan dan Pakistan/AFP
rmol news logo Perbatasan Torkham yang memisahkan antara Afghanistan dan Pakistan dikabarkan telah dibuka kembali untuk umum pada Jumat (15/9), setelah sempat ditutup selama satu minggu akibat baku tembak.

Pembukaan kembali itu telah dikonfirmasi seorang pejabat senior Pakistan, dengan mengatakan bahwa pejalan kaki dan sejumlah kendaraan telah diizinkan melintas kembali, sementara, truk masih dalam proses perizinan.

“Izin truk sedang dalam proses dan warga Afghanistan dapat memasuki perbatasan kembali setelah izin dan melewati proses imigrasi,” kata asisten komisaris distrik Khyber di Pakistan, Irshad Khan Mohmamd.

Penyeberangan ini merupakan jalur tersibuk bagi perdagangan dan transportasi antar kedua negara, karena mereka berbagi perbatasan sepanjang 2.600 kilometer yang melintasi pegunungan dan lembah terjal.

Berdasarkan laporan yang dimuat Al Arabiya, Islamabad dan Kabul telah mengalami kebuntuan diplomatik sejak 6 September, ketika penjaga perbatasan melepaskan tembakan di persimpangan dalam perselisihan mengenai pembangunan pos Afghanistan.

Penutupan perbatasan itu sempat mengundang kritikan dari para pedagang di kedua belah pihak yang mengeluhkan banyaknya barang mereka yang mudah rusak, dan hilang setelah penutupan perbatasannya.

Selain itu, para pelancong Afghanistan juga mengaku kesulitan untuk pergi ke rumah sakit atau melakukan penerbangan dari Pakistan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA