Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia: Barat Gagal "Ukrainisasi" G20 New Delhi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 11 September 2023, 08:57 WIB
Rusia: Barat Gagal "Ukrainisasi" G20 New Delhi
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov di KTT G20 India/Net
rmol news logo Upaya Barat menjadikan KTT G20 di New Delhi sebagai ajang untuk membahas Ukraina dinilai gagal, dan menurut Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov semua itu berkat pendirian negara-negara berkembang.

Berbicara kepada wartawan pada Minggu (10/9), Lavrov, yang memimpin delegasi Rusia pada pertemuan tersebut, memuji India sebagai tuan rumah, yang ia klaim telah membantu mengkonsolidasikan negara-negara Selatan.

"Mereka melindungi kepentingan sah mereka, yang memungkinkan mencegah Barat, sekali lagi, melakukan Ukrainaisasi seluruh agenda KTT tersebut dan mengalihkan perhatian dari masalah-masalah mendesak yang dihadapi negara-negara berkembang," menurut Lavrov, seperti dikutip dari RT.

Lavrov menekankan bahwa deklarasi bersama menyebutkan krisis Ukraina, namun hanya dalam konteks kebutuhan untuk menyelesaikan semua konflik sesuai dengan prinsip-prinsip Piagam PBB.

Ia menegaskan saat ini negara-negara harus fokus pada isu-isu ekonomi dan keuangan. Ia juga memuji negara-negara berkembang, yang mencegah pertemuan tersebut berubah menjadi “klub yang dipolitisasi."

Deklarasi akhir G20 yang diadopsi pada Sabtu, menyoroti penderitaan manusia dan dampak negatif tambahan dari perang di Ukraina sehubungan dengan keamanan pangan dan energi global, rantai pasokan, stabilitas keuangan makro, inflasi dan pertumbuhan.

Sebelum deklarasi tersebut dirilis, Reuters melaporkan bahwa paragraf mengenai Ukraina menjadi batu sandungan saat Barat mendorong kecaman keras terhadap Rusia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA