Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Junta Myanmar Kecam Pernyataan ASEAN: Sepihak dan Tidak Objektif!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 06 September 2023, 13:59 WIB
Junta Myanmar Kecam Pernyataan ASEAN: Sepihak dan Tidak Objektif<i>!</i>
Pemimpin junta Myanmar, Min Aung Hlaing/Net
rmol news logo Junta Myanmar mengutuk kecaman ASEAN terkait kekerasan militer yang meningkat dan menargetkan warga sipil di Burma.

Selama pertemuan puncak pada Selasa (5/6), para pemimpin ASEAN mendesak junta Myanmar untuk mengurangi kekerasan dan menghentikan serangan yang menargetkan warga sipil.

Indonesia sebagai Ketua ASEAN juga menyebut tidak ada kemajuan signifikan dalam lima poin konsensus yang telah disepakati para pemimpin untuk menyelesaikan krisis Myanmar.

Menanggapi pernyataan ASEAN, junta menyebutnya sebagai tindakan sepihak dan tidak objektif, seperti dikutip The Straits Times.

Dalam pernyataan yang diterbitkan di Global New Light of Myanmar pada Rabu (6/9), junta meminta ASEAN untuk mematuhi ketentuan dan prinsip Piagaam ASEAN, terutama prinsip non-intervensi negara-negara anggota.

Myanmar berada dalam kekacauan sejak kudeta militer tahun 2021 yang memicu protes massal dan tindakan keras militer berdarah.

Situasi Myanmar membuatnya tidak bisa menjadi Ketua ASEAN pada tahun 2026. Alih-alih, Filipina akan mengambil alih posisi tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA