Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rapat Pleno ASEAN Berhasil Sepakati 11 Dokumen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 05 September 2023, 20:03 WIB
Rapat Pleno ASEAN Berhasil Sepakati 11 Dokumen
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat konferensi pers di depan Ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center pada Selasa, 5 September 2023/RMOL
rmol news logo Pertemuan pleno KTT ke-43 ASEAN pada Selasa (5/9) menghasilkan 11 dokumen yang telah disepakati para pimpinan.

Begitu yang disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam konferensi pers di depan Ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center (JCC).

Dikatakan Menlu Retno, dokumen yang diadopsi mencakup ASEAN Concord ke-4 sebagai pondasi penyusunan visi. Kemudian deklarasi mengenai ASEAN Human Rights Dialogue sebagai bagian dari pilar ASEAN Matters.

"Dokumen itu merupakan hal yang baru dan suatu pencapaian bagi Indonesia yang memiliki komitmen untuk memajukan promosi dan proteksi hak asasi manusia," jelasnya.

Kemudian pada pilar Epicentrum of Growth, Menlu mengatakan ada sembilan dokumen yang diadopsi.

Pertama, Disability Inclusive Development and Partnership for a Resilient ASEAN Community, sebuah inisiatif untuk melibatkan orang berkebutuhan khusus dalam pembangunan.

Kedua, Early Childhood Care and Education, yang merepresentasikan tekad ASEAN untuk memulai pendidikan dari sejak dini.  

Ketiga, Gender Equality and Family Development. Keempat mengenai sustainable resilience. Kelima mengenai masalah perubahan iklim. Keenam deklarasi ASEAN mengenai Epicentrum of Growth.

Ketujuh, Food Security and Nutrition in Response to Crisis. Kedelapan Digital Economy Framework Agreement (DEFA). Terakhir tentang Blue Economy Framework. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA