Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jaksa Cabut Dakwaan Korupsi Wakil PM Malaysia, Komitmen Anwar Ibrahim Dipertanyakan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 04 September 2023, 16:48 WIB
Jaksa Cabut Dakwaan Korupsi Wakil PM Malaysia, Komitmen Anwar Ibrahim Dipertanyakan
Wakil Perdana Menteri Malaysia, Ahmad Zahid Hamidi/Net
rmol news logo Jaksa Malaysia telah mencabut dakwaan korupsi terhadap Wakil Perdana Menteri Ahmad Zahid Hamidi. Hal ini memicu pertanyaan mengenai janji Perdana Menteri Anwar Ibrahim untuk memerangi korupsi.

Ahmad Zahid sendiri merupakan pemimpin Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) yang menjadi mitra koalisi pemerintah. Anwar membutuhkan dukungan UMNO untuk mempertahankan mayoritas di parlemen.

Ahmad Zahid menghadapi 47 dakwaan pelanggaran kepercayaan, penyuapan, dan pencucian uang. Kamar Jaksa Agung memilih untuk tidak melanjutkan kasus tersebut, seperti dimuat Reuters.

Bernama melaporkan bahwa jaksa mengajukan permintaan untuk menghentikan kasus tersebut karena mereka ingin menyelidiki kasus tersebut secara mendalam.

embebasan tersebut dilakukan bahkan setelah pengadilan mengatakan pada Januari tahun lalu bahwa jaksa penuntut telah berhasil menetapkan kasus awal terhadap Zahid dan memintanya untuk mengajukan pembelaan.

Ahmad Zahid mengaku tidak bersalah atas semua tuduhan, dan UMNO mengatakan dia adalah korban penganiayaan politik.

Keputusan jaksa untuk membatalkan kasus Ahmad Zahid mengundang pengawasan atas sikap pemerintah terhadap kasus korupsi terhadap para pemimpin UMNO lainnya, terutama mantan Perdana Menteri Najib Razak.

Najib menjalani hukuman 12 tahun penjara karena korupsi terkait skandal multi-miliar dolar di dana negara 1MDB dan menghadapi lebih banyak dakwaan suap. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA