Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bersiap Hadapi Intervensi ECOWAS, Junta Niger Boyong Pasukan Mali dan Burkina Faso

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 25 Agustus 2023, 12:11 WIB
Bersiap Hadapi Intervensi ECOWAS, Junta Niger Boyong Pasukan Mali dan Burkina Faso
Pemimpin junta Niger, Jenderal Abdourahamane Tchiani/Net
rmol news logo Di tengah ancaman intervensi militer blok regional ECOWAS, junta Niger memutuskan untuk mengizinkan angkatan bersenjata Mali dan Burkina Faso mengakses wilayah teritorinya.

Keputusan itu dihasilkan setelah Menteri Luar Negeri ketiga negara melakukan pertemuan di Niamey pada Kamis (24/8).

Dalam pernyataan yang dikeluarkan, ketiga Menlu itu membahas tentang peningkatan kerja sama di bidang keamanan dan masalah bersama lainnya.

Menlu dari Mali dan Burkina Faso menyambut keputusan pemimpin junta, Jenderal Abdourahamane Tiani yang mengizinkan mereka melakukan intervensi militer jika Niger diserang.

"Menteri Burkinabe dan Mali menegaskan kembali bahwa intervensi bersenjata yang menargetkan mali akan dianggap sebagai deklarasi perang," kata para Menlu dalam pernyataan bersama, seperti dimuat The Star.

ECOWAS telah mencoba menempuh jalan negosiasi dengan pemimpin junta, tetapi siap melakukan intervensi militer jika pemerintah demokratis di Niger tidak kunjung pulih.

Kendati demikian, setiap eskalasi memiliki risiko serius yang dapat semakin mengganggu stabilitas wilayah yang dilanda kudeta tersebut. Terlebih junta lainnya dari Mali dan Burkina Faso juga menyatakan akan ikut terlibat di dalamnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA