Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapal Kargo Diserang, Turki Peringatkan Rusia Hindari Ketegangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 18 Agustus 2023, 08:55 WIB
Kapal Kargo Diserang, Turki Peringatkan Rusia Hindari Ketegangan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Turki memperingatkan Rusia untuk tidak meningkatkan ketegangan di Laut Hitam. Peringatan ini muncul setelah kapal kargo milik Turki diserang oleh Angkatan Laut Rusia akhir pekan lalu.

“Setelah intervensi (Rusia), lawan bicara kami di Federasi Rusia diperingatkan dengan tepat untuk menghindari upaya semacam itu, yang meningkatkan ketegangan di Laut Hitam,” kata kantor kepresidenan Turki, seperti dikutip France24, Kamis (17/8).

Pekan lalu, Angkatan Laut Rusia melepaskan tembakan peringatan dan menaiki kapal kargo kecil berawak Turki yang melakukan perjalanan ke pelabuhan Ukraina Izmail.

Sementara itu, sebuah kapal kargo sipil berbendera Hong Kong yang berlayar dari Ukraina telah mencapai perairan Turki pada Kamis, setelah bergerak di sepanjang rute barat untuk menghindari perairan internasional. Alih-alih bergerak di perairan yang dikendalikan oleh anggota NATO, yaitu Rumania dan Bulgaria.

Itu adalah kapal pertama yang secara langsung menantang upaya Rusia untuk memblokir kemampuan Ukraina untuk mengekspor melalui Laut Hitam.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan kapal itu menggunakan koridor kemanusiaan baru yang didirikan Kyiv setelah Rusia membatalkan kesepakatan yang memungkinkan Ukraina mengekspor biji-bijian dan bahan makanan pada bulan lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA