Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Protes Serangan Meriam Air di LCS, Filipina Panggil Dubes China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 07 Agustus 2023, 16:45 WIB
Protes Serangan Meriam Air di LCS, Filipina Panggil Dubes China
Kapal Penjaga Pantai China menembakan meriam air ke arah kapal Penjaga Pantai Filipina di dekat Kepulauan Spratly, Laut China Selatan pada 5 Agustus 2023/Net
rmol news logo Pemerintah Filipina, melalui Departemen Luar Negeri, memanggil Duta Besar China Huang Xilian untuk menyampaikan protes atas penggunaan meriam air di Laut China Selatan (LCS).

Seorang pejabat tinggi mengungkap, Deplu Filipina telah memanggil Dubes Huang pada Senin pagi (7/8) untuk menyampaikan protes diplomatik yang tegas.

Protes tersebut menggarisbawahi tindakan kapal Penjaga Pantai China yang dinilai melanggar hukum internasional, khususnya Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS) 1982.

Protes ini terjadi setelah militer Filipina pada Minggu (6/7) melaporkan penggunaan merian air oleh kapal Penjaga Pantai China untuk menghalangi kapal Filipina.

Penjaga Pantai Filipina mengatakan insiden itu terjadi pada Sabtu (5/8), saat kapal-kapalnya menuju Second Thomas Shoal di Kepulauan Spratly. Ketika itu kapal Filipina tengah mengirim pasokan makanan, air, dan bahan bakar untuk pasukan mereka yang ditempatkan di wilayah tersebut.

Tindakan China ini juga telah dikecam oleh Amerika Serikat (AS), Uni Eropa, Australia, hingga Jepang. Mereka menyatakan dukungan kepada Filipina dan keprihatinan atas tindakan kapal China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA