Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tanggapi Rencana Bakar Al Quran, Irak Nyatakan Dubes Swedia sebagai Persona Non Grata

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 20 Juli 2023, 20:58 WIB
Tanggapi Rencana Bakar Al Quran, Irak Nyatakan Dubes Swedia sebagai <i>Persona Non Grata</i>
Pengunjuk rasa menggeruduk dan membakar Kedutaan Besar Swedia di Baghdad, Irak/net
rmol news logo Pemerintah Irak menyatakan Duta Besar Swedia di Baghdad sebagai persona non grata. Keputusan ini sebagai tanggapan atas izin kepolisian Swedia terkait rencana aksi pembakaran Al Quran di depan Kedutaan Besar Irak di Stockholm.

Kantor perdana menteri Irak memerintahkan agar Dubes Swedia di Baghdad untuk segera meninggalkan negara tersebut.

"Langkah tersebut dilakukan sebagai tanggapan atas izin berulang kali dari pemerintah Swedia untuk membakar Al Quran, menghina kesucian Islam, dan membakar bendera Irak," kata pernyataan kantor perdana menteri, seperti dikutip Anadolu Agency, Kamis (20/7).

Selain itu, Perdana Menteri Irak Mohammed Shia Al Sudani juga telah memerintahkan Kementerian Luar Negeri agar memanggil kembali kuasa usaha di Stockholm.

Pemerintah Irak mengancam akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Swedia jika penodaan kitab suci umat Islam, Al Quran, terjadi lagi.

Peringatan ini muncul setelah para pengunjuk rasa di Irak menyerbu Kedutaan Besar Swedia di Baghdad dan membakarnya pada Kamis pagi sebagai tanggapan atas pembakaran salinan Al Quran di Swedia.

Kementerian Luar Negeri Swedia mengutuk serangan terhadap kedutaannya di Baghdad, menyebutnya sebagai "pelanggaran serius" terhadap Konvensi Wina. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA