Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Putin Putuskan Tak Hadiri KTT BRICS, Takut Ditangkap ICC?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 20 Juli 2023, 02:15 WIB
Putin Putuskan Tak Hadiri KTT BRICS, Takut Ditangkap ICC?
Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
rmol news logo Presiden Rusia Vladimir Putin memutuskan untuk tidak menghadiri KTT BRICS yang akan digelar di Johannesburg, Afrika Selatan pada bulan depan.

Keputusan Putin ini diumumkan oleh Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa dalam sebuah pernyataan pada Rabu (19/7), seperti dimuat Anadolu Agency.

"Dengan kesepakatan bersama, Presiden Vladimir Putin dari Federasi Rusia tidak akan menghadiri KTT, Federasi Rusia akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri, Tuan Sergey Lavrov," begitu bunyi pernyataan kantor Ramaphosa.

Keputusan Putin ini muncul setelah Ramaphosa meminta Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) untuk membatalkan perintah penangkapan Presiden Rusia itu.

Pada Maret ini, ICC mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Putin, yang diharapkan menghadiri pertemuan BRICS (Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan) pada 22 hingga23 Agustus. Afrika Selatan adalah penandatangan Statuta Roma, yang mendirikan pengadilan tersebut.

Afrika Selatan berada di bawah tekanan oposisi untuk menangkap Putin jika dia menginjakkan kaki di negara itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA