Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri Luar Negeri Jepang dan Indonesia Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Bilateral

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 14 Juli 2023, 20:49 WIB
Menteri Luar Negeri Jepang dan Indonesia Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Bilateral
Menteri Luar Negeri Jepang Hayashi Yoshimasa dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat melakukan pertemuan bilateral di Jakarta pada Kamis, 13 Juli 2023/Ist
rmol news logo Jepang dan Indonesia sepakat untuk meningkatkan kerja sama bilateral antara kedua negara. Hal tersebut disampaikan setelah Menteri Luar Negeri Jepang, Yoshimasa Hayashi, bertemu dengan  Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, di sela-sela Pertemuan Menlu ASEAN (AMM) ke-56 di Jakarta.

Menteri Hayashi menyampaikan niatnya untuk memperkuat kerja sama dengan Indonesia di berbagai bidang, di mana alah satu fokus utamanya adalah kerja sama maritim, termasuk peningkatan kapasitas penegakan hukum maritim.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Retno menyambut baik niat baik Jepang untuk meningkatkan kerja sama bilateral.

Dia menyatakan keinginannya untuk memperkuat kerja sama ekonomi, politik, budaya, dan lainnya antara kedua negara, serta menekankan pentingnya kerja sama dalam mengatasi tantangan bersama, termasuk isu-isu maritim dan keberlanjutan.

"Dalam kesempatan ini, Menteri Hayashi menyatakan bahwa Jepang siap memberikan dukungan teknis dan bantuan dalam bidang-bidang yang menjadi fokus kerja sama bilateral," ujar Deputi Sekretaris Pers Kementerian Luar Negeri Jepang, Okano Yukiko, dalam keterangan daring kepada awak media, Jumat (14/7).

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, Menteri Hayashi juga menyatakan dukungannya terhadap rencana pemindahan ibu kota Indonesia ke Ibu Kota Nusantara. Dia menekankan pentingnya menjaga stabilitas dan keamanan di kawasan tersebut.

Pertemuan ini disebut telah menjadi momentum penting dalam memperkuat hubungan antara Jepang dan Indonesia tahun ini di mana Indonesia sendiri telah memegang keketuaan ASEAN saat hubungan bilateral dengan Indonesia  hampir  menyentuh 50 Tahun, serta Persahabatan dan  Kerja  Sama  Jepang-ASEAN  memasuki peringatan ke- 65  tahun ini. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA