Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Italia Kembalikan Prasasti Makam Berusia 1.800 Tahun ke Turkiye

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 14 Juli 2023, 17:06 WIB
Italia Kembalikan Prasasti Makam Berusia 1.800 Tahun ke Turkiye
Prasasti makam berusia 1.800 tahun yang dikembikan Italia pada Turkiye/Net
rmol news logo Prasasti makam berusia 1.800 tahun yang ditemukan otoritas Italia, dikabarkan telah dikembalikan ke negara asalnya, Turkiye.

Kabar itu dikonfirmasi kebenarannya oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turkiye Mehmet Nuri Ersoy, pada Kamis (13/7).

Berbicara dalam konferensi pers di Museum Zeugma, Ersoy mengatakan otoritas Italia telah berkoordinasi sejak lama dengan Turkiye untuk pengembalian prasasti bersejarah tersebut.

"Italia telah menyerahkan prasasti makam berusia 1.800 tahun ke Museum Zeugma di Provinsi Gaziantep selatan Turkiye,"  ujarnya, seperti dimuat Big News Network.

Ersoy menceritakan bahwa peninggalan itu diselundupkan dari kota kuno Zeugma di Turkiye dan ditemukan di Italia tahun lalu.

"Italia menemukan prasasti itu  saat berusaha diselundupkan oleh oknum pencuri. Kami berterima kasih kepada Italia karena telah memfasilitasi pengembalian relik tersebut," jelasnya.

Menurut laporan Anadolu Agency, prasasti itu menampilkan sosok perempuan dan kata-kata yang mengatakan, "Selamat tinggal, Satornila, istri yang mencintai suaminya". rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA