Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dalai Lama Rayakan Ulang Tahun ke-88 di Pengasingan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 08 Juli 2023, 09:07 WIB
Dalai Lama Rayakan Ulang Tahun ke-88 di Pengasingan
Dalai Lama saat merayakan ulang tahunnya yang ke-88 pada Kamis, 6 Juli 2023/Net
rmol news logo Pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama, merayakan ulang tahunnya yang ke-88 dengan menghadiri perayaan yang diselenggarakan di markas besarnya di Dharamsala, Kamis (6/7).

Ratusan pendukung dan warga Tibet di pengasingan berkumpul untuk memberikan dukungan dan merayakan momen istimewa pemimpinnya itu.

Kehadiran Dalai Lama disambut dengan lagu-lagu sambutan tradisional yang dimainkan oleh para seniman, ketika ia tiba di halaman Kuil Tsuglagkhang dengan menggunakan mobil van terbuka yang didekorasi dengan bendera dan potret Tibet serta Buddha.

"Kita merayakan ulang tahun ke-88 saya, namun jika Anda melihat saya, saya terlihat hampir seperti berusia 50 tahun," ujar Dalai Lama yang bergurau sambil tersenyum dalam sambutannya.

Sejak melarikan diri dari Tibet setelah pemberontakan yang gagal melawan pemerintahan China pada 1959 lalu, Dalai Lama telah menjadikan kota Dharamsala di lereng bukit India sebagai markas bagi orang-orang Tibet yang mengasingkan diri.

Dalai Lama sikenal sebagai pemimpin yang cinta damai dan antikekerasan. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, turut memberikan ucapan selamat ulang tahun yang hangat kepada Dalai Lama.

"Saya menyampaikan harapan terhangat saya kepada Yang Mulia Dalai Lama pada kesempatan ulang tahunnya yang ke-88, hari keberuntungan bagi komunitas Tibet," kata Blinken dalam pernyataan pers resmi, dimuat ANI News, Jumat (7/7).

Ia lebih lanjut mengekspresikan kekagumannya terhadap komitmen Dalai Lama dalam cinta dan belas kasihnya yang ditujukan kepada dunia, seraya menekankan komitmen AS untuk memberi dukungan kepada warga Tibet.

"AS tak tergoyahkan dalam komitmen kami untuk mendukung identitas linguistik, budaya, dan agama warga Tibet, termasuk kemampuan untuk bebas memilih dan memuliakan pemimpin agama mereka tanpa campur tangan," tambah Blinken.

Setiap tahunnya ulang tahun Dalai Lama ini telah menjadi momen yang penting bagi para pendukungnya dan warga Tibet di pengasingan, yang terus mendukung perjuangannya untuk perdamaian, kebebasan, dan pemeliharaan identitas budaya Tibet. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA